Type Keyword(s) to Search
KID

7 Cara Melatih Konsentrasi Anak yang Mudah dan Efektif

7 Cara Melatih Konsentrasi Anak yang Mudah dan Efektif

Moms, konsentrasi merupakan salah satu kunci utama bagi anak untuk bisa mencapai keberhasilan belajar. Mirip seperti otot yang perlu dilatih agar kuat, otak juga perlu latihan khusus agar terbiasa berkonsentrasi terhadap sesuatu.

Namun, sayangnya, saat ini ada banyak distraksi yang mengintai anak melalui berbagai hal, seperti teknologi maupun lingkungan di sekitar. Jika dibiarkan, hal ini dikhawatirkan bisa mengganggu konsentrasi yang dapat menimbulkan efek jangka panjang, misalnya anak jadi kesulitan dalam belajar, berkomunikasi, bahkan beraktivitas sehari-hari.

Lantas bagaimana cara melatih konsentrasi anak yang mudah dan efektif? Simak 7 caranya berikut ini, Moms.

1. Biasakan untuk membuat jadwal

Cara pertama yang mudah dan efektif untuk melatih konsentrasi anak adalah Moms harus membiasakan anak membuat jadwal. Jadwal akan membantu anak melakukan aktivitas dengan lebih teratur sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Anda bisa membantu anak mulai membuat jadwal hariannya dengan keterangan jam, tanggal, hari, serta aktivitas yang hendak dilakukan.

2. Hindari memberikan banyak tugas dalam satu waktu

Berikutnya, Moms perlu menghindari memberikan banyak tugas kepada anak dalam satu waktu, sebab jika terlalu banyak tugas yang mesti dikerjakan dalam satu waktu, fokus anak bisa terganggu, sehingga hasil yang dikerjakan pun jadi kurang optimal. Di sisi lain, memberikan banyak tugas dalam satu waktu juga bisa membuat tubuh anak mengalami kelelahan dan menyebabkan tantrum.

3. Tetapkan batasan waktu saat memberi tugas

Saat memberikan tugas ke anak, Moms bisa mencoba menetapkan batas waktu penyelesaiannya. Hal ini bisa melatih anak untuk fokus dan menyelesaikan tugas sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan. Namun, pastikan Anda tidak memberikan batasan waktu yang terlalu pendek atau bahkan terlalu lama, agar anak tidak mudah cemas ya, Moms.

4. Berikan permainan untuk melatih konsentrasi

Cara melatih konsentrasi anak berikutnya adalah Moms bisa ajak anak untuk melakukan permainan guna melatih konsentrasinya. Anda bisa berikan mainan seperti puzzle, lego, bongkar pasang balok, flash card, cooking toy set, hingga mainan pancing ikan. Namun, Moms perlu ingat untuk menyesuaikan permainan dengan usia anak, ya.

5. Berikan waktu untuk anak beristirahat

Memberikan jadwal dan tugas khusus memang baik untuk melatih konsentrasi anak. Namun, Moms juga perlu ingat bahwa anak pun butuh waktu untuk beristirahat sejenak. Ini diperlukan agar ia tidak mudah lelah atau merasa bosan, yang bisa menyebabkan hilangnya konsentrasi. Moms bisa coba berikan jeda atau waktu istirahat selama 5-10 menit kepada anak Anda.

Baca juga: Makanan-Makanan yang Bantu Tingkatkan Konsentrasi Anda

6. Mengurangi distraksi dari lingkungan sekitar

Saat ini anak mudah sekali terdistraksi, misalnya dengan teknologi atau lingkungan di sekitarnya. Nah, agar konsentrasi anak bisa kembali maksimal, Moms harus mengurangi distraksi tersebut. Caranya bisa dengan mematikan televisi, mengurangi penggunaan gadget, serta menyediakan ruangan yang kondusif untuk anak belajar atau menyelesaikan tugas-tugasnya.

7. Membacakan cerita menarik untuk anak

Melatih konsentrasi anak juga bisa Anda lakukan dengan cara membacakan cerita menarik yang sesuai dengan usianya. Saat membacakan cerita, Moms perlu memperhatikan volume suara dan intonasi bicara, supaya anak bisa fokus saat mendengarkan cerita. Setelah cerita selesai dibacakan, cobalah untuk mengajukan beberapa pertanyaan, kemudian cari tahu apakah anak Anda menyimak ceritanya dengan baik atau tidak. (M&B/Ayu/SW/Foto: Freepik)