Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Memilih Pakaian untuk Atasi Panas dan Gerah di Musim Kemarau

Tips Memilih Pakaian untuk Atasi Panas dan Gerah di Musim Kemarau

Indonesia memiliki dua musim, yakni musim hujan dan musim kemarau. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sebagian besar wilayah di Indonesia diprediksi mengalami awal musim kemarau 2024 pada Mei dan menghadapi puncaknya pada Juli dan Agustus. Di musim kemarau seperti saat ini, suhu menjadi lebih panas. Cara memilih baju pun perlu disiasati.

“Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai produk fashion, termasuk baju yang cocok untuk musim kemarau yang panas, Tokopedia dan Shop | Tokopedia meluncurkan kampanye terbaru 'Senin Selasa Stylish'. Di sini, masyarakat bisa mengakses beragam produk fashion wanita, pria, anak maupun muslim dengan penawaran khusus, seperti diskon hingga 90%, yang bisa membuat belanja lebih murah,” kata Aldhy Darmayo, Head of Fashion Category Tokopedia.

Untuk mengatasi masalah kegerahan dan kondisi yang panas, berikut ini Tokopedia dan Shop | Tokopedia membagikan tips memilih dan mengenakan baju yang cocok untuk outfit of the day (OOTD) di panasnya musim kemarau.

1. Hindari pakaian ketat

Pakaian yang ketat bisa mengurangi sirkulasi udara dan membuat tubuh jadi lebih cepat berkeringat. Di musim kemarau yang panas, pilihlah pakaian yang longgar. Perempuan bisa memilih blouse sebagai atasan dan celana kulot, sedangkan laki-laki bisa memakai oversized t-shirt dan celana chino.

2. Pilih pakaian yang menyerap keringat

“Untuk menghadapi musim kemarau yang panas, kenakan pakaian berbahan ringan yang mampu menyerap keringat, seperti katun, linen, dan rayon. Bahan ini memungkinkan pori-pori kulit bernapas lebih leluasa. Ada banyak brand lokal di Tokopedia dan Shop | Tokopedia yang menyediakan baju dengan bahan ringan yang menyerap keringat,” jelas Aldhy.

3. Pakai pakaian berwarna cerah

Pakaian berwarna cerah lebih bisa memantulkan cahaya matahari dan menjaga suhu tubuh tetap sejuk. Karena itu, di musim panas, pakailah pakaian berwarna cerah, seperti putih, kuning, dan abu-abu muda.

4. Gunakan aksesoris pelindung

Selain sunscreen, aksesoris seperti topi, kacamata hitam, dan jaket berbahan parasut bisa melindungi tubuh dari panasnya sinar matahari di musim kemarau, terutama saat Anda tengah beraktivitas di luar ruang. Berbagai aksesoris pelindung dari sinar matahari bisa dibeli di sejumlah brand lokal di Tokopedia dan Shop | Tokopedia. Anda bisa menyesuaikan berbagai aksesoris ini dengan gaya berpakaian agar tetap stylish dan fashionable meskipun cuaca panas.

5. Bawa baju ganti

Siapkan pakaian ganti terutama jika Anda akan seharian beraktivitas di luar ruangan. Ini untuk mengantisipasi basahnya pakaian karena terkena keringat yang berlebihan.

Nah, itulah 5 tips berpakaian yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati panasnya musim panas kali ini. Tetap semangat beraktivitas, Moms! (M&B/SW/Foto: Dok. Tokopedia)