Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

13 Drakor Thriller Terbaik dengan Rating Tinggi, Wajib Banget Ditonton!

13 Drakor Thriller Terbaik dengan Rating Tinggi, Wajib Banget Ditonton!

Drama Korea dikenal karena alur ceritanya yang menarik dan kompleks dengan ending yang kadang tak terduga. Di antara berbagai genre, drakor thriller menjadi salah satu genre drama Korea yang memikat banyak penonton dan memberikan tontonan yang menarik. Secara umum, thriller adalah genre yang sering kali menyajikan cerita fiksi kriminal, horor, misteri, dan detektif, yang mampu memberikan rasa tegang, meresahkan, dan antisipasi pada penontonnya.

Nah, berikut ini 13 drakor thriller terbaik dengan rating tinggi yang wajib Anda tonton.

1. Stranger (2017)

Stranger yang dibintangi oleh Cho Seung-woo dan Bae Doona adalah serial thriller kriminal Korea yang bercerita tentang seorang jaksa teladan tapi tidak memiliki empati. Hwang Si-mok (Cho Seung-woo) dan Letnan polisi terampil, Han Yeo-jin (Bae Doona), bersama-sama mencoba mengungkap misteri di balik kasus pembunuhan yang ternyata mengarah pada skema korupsi besar.

Drakor thriller ini ditayangkan di televisi kabel (berbayar) yang berhasil mendapatkan rata-rata rating 4,5% untuk musim pertamanya dan rata-rata rating 7,2% untuk musim keduanya. Drakor ini mendapatkan banyak pujian karena alur ceritanya yang rumit, pengembangan karakternya yang baik, serta menampilkan keadilan dan moralitas dengan baik, yang menjadikannya tontonan yang sangat menarik.

2. Signal (2016)

Signal merupakan drakor thriller yang terinspirasi dari kasus kejahatan nyata yang terjadi di Korea Selatan. Drakor ini menggabungkan unsur supernatural dengan investigasi kejahatan dengan alur cerita menegangkan.

Drakor ini bercerita tentang seorang profiler terampil di tahun 2015, Park Hae Young (Lee Je-hoon), yang secara misterius bisa berkomunikasi dengan seorang detektif bernama Lee Jae-Han (Cho Jin Woong) di tahun 2000 melalui walkie-talkie. Keduanya kemudian bekerja sama untuk memecahkan serangkaian cold case.

Drakor ini mendapatkan rata-rata rating 8,8% untuk musim pertamanya. Ini adalah salah satu drakor thriller rating tinggi sepanjang masa dalam sejarah televisi kabel (berbayar). Drama ini juga berhasil menyabet penghargaan kategori Best Drama dan Best Screenplay di acara Baeksang Arts Awards 2016.

3. Mouse (2021)

Dibintangi oleh aktor sekaligus penyanyi multitalenta, Lee Seung-gi, drakor thriller ini mengeksplorasi tema psikopat dengan alur cerita yang menegangkan dan tak terduga, membuat Anda terus menebak-nebak hingga akhir.

Mouse bercerita tentang seorang perwira polisi pemula, Jung Ba-Reum (Lee Seung-Gi), bersama rekannya Go Moo Chi (Lee Hee Joon), yang berupaya untuk mengungkapkan kasus pembunuhan berantai yang melibatkan psikopat sadis. Drakor ini ditayangkan di televisi kabel dan berhasil mendapatkan rata-rata rating 5,5%.

4. Beyond Evil (2021)

Beyond Evil adalah drakor thriller psikologis yang mengeksplorasi sisi gelap dalam diri manusia. Drakor ini dibintangi oleh Shin Ha-kyun dan Yeo Jin-goo sebagai dua detektif andal di kota kecil yang mencoba mengungkap kasus pembunuhan berantai yang melibatkan orang-orang mencurigakan di sekitar mereka, termasuk diri mereka sendiri. Drakor yang ditayangkan di televisi kabel (berbayar) ini mendapatkan rata-rata rating 4,7%.

5. Through the Darkness (2022)

Through the Darkness merupakan drakor thriller kriminal yang berfokus pada kisah seorang profiler andal, Song Ha-young (Kim Nam-gil). Dengan keterampilan Song Ha-young dalam menganalisis pelaku kejahatan, banyak kasus-kasus kejahatan yang berhasil dipecahkan. Through the Darkness yang ditayangkan di televisi publik ini berhasil mendapatkan rata-rata rating 7.1%.

6. Sky Castle (2018)

Meskipun pada dasarnya drakor ini merupakan drama satir yang berfokus pada sistem pendidikan di Korea Selatan, alur cerita Sky Castle juga mencakup unsur-unsur thriller yang ditampilkan dalam penggambaran upaya para orang tua untuk memastikan kesuksesan anak-anak mereka. 

Berdasarkan data Nielsen Korea, rata-rata rating Sky Castle 12,5%, menjadikannya salah satu drakor thriller dengan rating tertinggi dalam sejarah televisi kabel (berbayar) di Korea.

7. Tunnel (2017)

Tunnel juga mengangkat kisah kejahatan nyata yang terjadi di Korea Selatan tentang pembunuhan berantai. Drakor ini menggabungkan unsur kriminal thriller, misteri, dan fiksi ilmiah tentang perjalanan waktu. Drakor ini bercerita tentang dua detektif dari tahun yang berbeda, yakni 1986 dan 2017, yang bekerja sama untuk menangkap seorang pembunuh berantai.

Pengejaran Park Gwang-ho (Choi Jin-Hyuk) di tahun 1986 sampai ke terowongan misterius membawanya ke tahun 2017. Di tahun 2017, dia bertemu dengan Kim Seon-jae (Yoon Hyun-Min) yang juga merupakan seorang detektif andal dengan kemampuan penyelidikan tinggi. Ketika pelaku melanjutkan aksinya yang dimulai 30 tahun lalu, kedua detektif ini bekerja sama dengan psikolog kriminal, Profesor Shin Jae-yi (Lee Yoo-Young) untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai tersebut.

Drakor yang tayang pada 2017 di televisi kabel ini mendapatkan rata-rata rating 4,6% untuk total 16 episode.

8. Strangers from Hell (2019)

Strangers from Hell adalah drakor thriller psikologis yang menarik, intens, dan sangat menegangkan, yang mengeksplorasi tentang psikologis manusia dan sisi mengerikan yang ada di dalam diri manusia.

Kisah drakor ini bermula saat seorang pemuda bernama Yoon Jong-woo (Im Si-wan) pindah ke sebuah kamar kecil di sebuah apartemen kumuh dan tampak menakutkan. Jong-woo juga menemukan fakta kelam dan mengerikan tentang tetangga yang tinggal di apartemennya. Drakor yang tayang di televisi kabel ini tidak hanya mendapatkan rata-rata rating tinggi, yaitu 3%, tapi juga meninggalkan kesan yang sangat membekas bagi penonton.

9. The Uncanny Counter (2020)

The Uncanny Counter merupakan drakor fantasy thriller yang diadaptasi dari webtoon dengan judul Amazing Rumor oleh Jang Yi. Plot cerita drakor ini cukup menarik, yakni tentang seorang siswa sekolah menengah atas bernama So Mun yang terpilih untuk bergabung sebagai “Counters”, sekelompok orang terpilih yang bertugas untuk menangkap roh jahat yang melahirkan diri dan mengganggu manusia.

Drakor yang tayang di televisi kabel ini memperoleh rata-rata rating 7,8% untuk musim pertamanya dan 4,5% untuk musim keduanya yang dirilis pada 2023.

10. The Penthouse: War in Life (2020-2021)

Membahas rekomendasi drakor thriller terbaik dengan rating tinggi, tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan The Penthouse: War in Life ke dalam daftar! Di musim pertama, drakor ini berhasil menduduki peringkat ke-9 serial televisi Korea yang paling banyak ditonton. Kesuksesan drakor ini juga terus berlanjut untuk musim kedua dan ketiganya.

Drakor ini menggambarkan orang-orang kelas atas Korea yang dipenuhi dengan kisah kejahatan, balas dendam, dan ambisi untuk menjadikan diri dan anak-anak mereka nomor satu. Drakor ini berhasil memperoleh rata-rata rating 16,4% untuk musim pertamanya, 22,2% untuk musim keduanya, dan 17,1% untuk musim ketiganya.

11. Happiness (2021)

Tidak sebahagia judulnya, Happiness merupakan drakor thriller apokaliptik tentang sebuah virus menular yang bisa membuat siapa pun yang terinfeksi menjadi haus darah dan menunjukkan perilaku gila yang mirip seperti zombie. Pasukan militer dan polisi Korea Selatan berupaya menghentikan penyebaran virus ini dengan memberlakukan karantina ketat di sebuah gedung apartemen. Hal itu justru menimbulkan kekacauan yang tak terduga di dalam gedung apartemen.

Drakor yang tayang di televisi kabel serta dibintangi Han Hyo-joo dan Park Hyung-sik ini memperoleh rata-rata rating 3,48%, dengan rasa ketegangan dan kengerian yang sangat membekas bagi penonton.

12. Missing: The Other Side

Missing: The Other Side merupakan drakor thriller fantasi tentang sebuah desa misterius tempat tinggal para arwah yang mayatnya tidak atau belum ditemukan. Desa arwah ini tidak terlihat oleh dunia luar, hanya Kim Wook (Go Soo) dan Jang Pan-seok (Huh Joon-ho), dua manusia yang bisa melihat dan keluar masuk desa arwah tersebut. Keduanya pun berupaya membantu para arwah memecahkan misteri kematian mereka dan menemukan mayat mereka.

Drakor yang tayang di televisi kabel ini memperoleh rata-rata rating 3,2% untuk musim pertamanya dan 4,4% untuk musim keduanya yang tayang pada 2022.

13. Revenant (2023)

Revenant adalah salah satu drakor thriller misteri terbaik yang mengangkat cerita folklor tentang roh jahat di Korea Selatan. Drakor ini berkisah tentang seorang perempuan muda, Gu San-yeong (Kim Tae-ri) yang dirasuki roh jahat dan seorang profesor folklor bernama Yeom Hae-Sang (Oh Jung-Se) yang punya kemampuan melihat dan berkomunikasi dengan hantu. 

Dengan memanfaatkan tubuh Gu San-yeong, roh jahat itu membuat orang-orang di sekitar Gu San-yeong meninggal dengan cara gantung diri—seakan bunuh diri. Bersama-sama, Yeom Hae-Sang dan Gu San-yeong serta dibantu seorang detektif muda berupaya menghentikan roh jahat tersebut. Drakor yang ditayangkan di televisi publik ini mendapatkan rata-rata rating 10,4% untuk 12 episode. 

Itulah 13 rekomendasi drakor thriller terbaik yang tidak hanya mendapatkan rating tinggi, tapi juga meninggalkan kesan mendalam tak terlupakan bagi penonton. Masing-masing drakor tersebut menawarkan perspektif unik tentang genre thriller dengan alur cerita menarik dan unik, menyajikan tontonan berkualitas yang wajib Anda tonton. Selamat menonton! (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Dok. IMDb)