Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Rambut Anda

7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Rambut Anda

Moms, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan manfaat alpukat buat kesehatan. Ya, alpukat disebut-sebut sebagai buah yang punya segudang khasiat untuk kita, seperti menjaga berat badan, mengontrol tekanan darah, hingga mencegah sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi.

Namun, selain untuk kesehatan, tahukah Anda bahwa alpukat juga punya manfaat untuk rambut? Ya, buah berwarna hijau yang punya rasa enak dan daging buah lembut ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut, seperti lemak sehat, protein, vitamin C, vitamin E, biotin, protein, folat, kalium, dan zinc.

Untuk mengambil manfaatnya buat rambut Anda, Moms bisa mengonsumsi alpukat secara langsung atau menggunakannya sebagai masker rambut. Berikut ini 7 manfaat alpukat untuk kesehatan rambut Anda, Moms.

1. Menutrisi dan menguatkan rambut

Di dalam alpukat terkandung kalium dan asam amino. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menambah kekuatan serta menutrisi rambut. Dengan mengonsumsi alpukat secara rutin, rambut Anda akan terlihat lebih sehat dan tidak mudah rusak.

2. Melembapkan rambut

Jika Moms memiliki jenis rambut kering, masker alpukat bisa menjadi cara alternatif untuk mengembalikan kelembapannya. Pasalnya, alpukat mengandung minyak alami dan lemak sehat, termasuk asam oleat, yang mampu menjaga kelembapan rambut.

3. Mempercepat pertumbuhan rambut

Alpukat juga mengandung vitamin B yang tergolong tinggi. Jenis vitamin yang satu ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mempercepat pertumbuhan rambut Anda, Moms.

Baca juga: Moms, Ini 7 Manfaat Baik Alpukat untuk MPASI Bayi Anda

4. Mencegah kerontokan rambut

Rambut rontok merupakan salah satu kekhawatiran terbesar kaum hawa. Jika dibiarkan, kerontokan bisa menyebabkan penipisan rambut hingga kebotakan. Hal ini tentunya akan mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri kita ya, Moms.

Untuk membantu mencegah kerontokan rambut, Anda bisa rutin mengonsumsi alpukat. Anda juga bisa menggunakan alpukat sebagai masker rambut. Kalium yang terkandung di dalam alpukat bisa membantu mengatur keseimbangan sel darah dalam tubuh sehingga akan mencegah kerontokan rambut terjadi lebih parah.

5. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Dilansir dari Halodoc, kandungan minyak alami pada alpukat bisa membantu melembapkan dan meremajakan kulit kepala kita. Dengan begitu, kulit kepala tidak akan kering sehingga mencegah terjadinya peradangan. Rutin menggunakan masker rambut alpukat juga bisa menurunkan risiko ketombe.

6. Menebalkan rambut

Tidak hanya mengurangi kerontokan, alpukat juga bisa membantu menebalkan rambut, Moms. Kandungan folat, protein, antioksidan, dan lemak sehat dalam alpukat sangat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Selain itu, alpukat mengandung vitamin C yang mampu merangsang pembentukan kolagen. Protein ini berperan penting dalam membantu jaringan kulit dan rambut, sehingga bisa membuat rambut jadi lebih tebal.

7. Melawan ketombe

Alpukat mengandung antioksidan, vitamin C, dan zinc yang bisa membantu mengurangi ketombe. Kandungan tersebut diketahui dapat menutrisi dan melembapkan rambut dan kulit kepala sekaligus mengurangi peradangan. Hal ini menjadikan alpukat baik untuk mencegah dan mengatasi ketombe.

Nah, itulah 7 manfaat alpukat untuk kesehatan rambut. Dengan rutin mengonsumsi alpukat, Anda akan memiliki rambut yang sehat, lebat, dan indah, Moms. Selamat mencoba! (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)