Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Jangan Keliru, Ini Cara Tepat Menggunakan Hair Mask

Jangan Keliru, Ini Cara Tepat Menggunakan Hair Mask

Kesehatan rambut merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Ada banyak pilihan perawatan rambut yang tersedia untuk Anda, Moms. Salah satunya adalah hair mask atau masker rambut, produk yang bisa membantu memberikan nutrisi, hidrasi, dan perawatan tambahan pada rambut kita.

Banyak yang menganggap bahwa hair mask sama dengan kondisioner, padahal keduanya berbeda. Hair mask lebih kental dan formulasinya juga lebih pekat. Hair mask dirancang khusus untuk meresap ke dalam helai rambut dan memberikan manfaat lebih mendalam. Dilansir dari Halodoc, tujuan utama penggunaan hair mask adalah untuk memberikan kelembapan intensif pada rambut, terutama buat mereka yang mengalami masalah rambut kering, kusam, atau rusak.

Cara pakai hair mask yang tepat

Nah, agar manfaat hair mask untuk rambut bisa lebih optimal, cara pemakaiannya pun tentunya harus diperhatikan ya, Moms. Berikut ini cara tepat memakai hair mask yang perlu Anda tahu.

1. Membaca panduan pemakaian

Setiap produk perawatan rambut memiliki karakteristik yang berbeda, baik tekstur maupun kandungannya. Pastikan kandungan dan fungsinya cocok dengan kondisi rambut Anda ya, Moms.

2. Mencuci rambut dan memastikannya tetap lembap

Bahan masker menyerap dengan cepat pada rambut yang lembap daripada rambut yang kering. Oleh karena itu, setelah keramas, pastikan rambut Anda masih dalam keadaan setengah basah atau lembap.

3. Mengaplikasikan masker dengan tepat

Perlu Moms ketahui, ada beberapa produk hair mask yang hanya boleh terkena bagian batang rambut, bukan kulit kepala. Salah satu jenis hair mask yang tidak boleh terkena kulit kepala biasanya terbuat dari pati. Masker jenis pati berisiko menimbulkan ketombe pada kulit kepala jika mengering. Namun, umumnya hair mask aman digunakan sampai ke kulit kepala ya, Moms. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengecek kandungan yang ada di dalamnya.

4. Menggunakan timer

Hair mask bekerja maksimal sesuai dengan durasi yang tercantum dalam petunjuk kemasan. Umumnya hair mask perlu didiamkan antara 5 dan 20 menit setelah diaplikasikan secara merata di seluruh rambut.

5. Memberi udara atau uap panas pada kepala

Teknis memanaskan rambut saat menggunakan hair mask pastinya diterapkan di salon-salon yang pernah Moms kunjungi, karena hal ini bisa membuat kandungan pada hair mask lebih mudah menyerap ke akar rambut, sehingga hasilnya pun jadi lebih optimal.

6. Membilas rambut dengan air

Produk hair mask biasanya mengandung bahan-bahan pelembap konsentrasi tinggi, sehingga jika tidak dibilas setelah pemakaian akan memicu minyak yang berlebih pada kulit kepala. Oleh karena itu, pastikan Moms membilasnya dengan bersih, ya.

7. Mengaplikasikan kondisioner

Nah, untuk urutan ini sering sekali terjadi kekeliruan nih, Moms. Banyak yang menggunakan kondisioner terlebih dahulu baru hair mask. Padahal sebenarnya, kondisioner digunakan setelah Anda membilas hair mask. Hal ini akan berpengaruh pada hasil yang lebih baik lho, Moms.

Kapan waktu yang tepat memakai hair mask?

Waktu yang tepat untuk mengaplikasikan hair mask adalah ketika rambut membutuhkan perawatan tambahan atau sedang mengalami kerusakan. Meskipun begitu, Moms juga bisa memilih waktu yang tepat jika Anda baru saja melakukan aktivitas yang berisiko menyebabkan kerusakan rambut, seperti setelah mewarnai rambut, usai berenang di kolam yang penuh kandungan kaporit, atau jika rambut Anda terpapar suhu kering secara intens. (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Freepik)