Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Mikro bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Mikro bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Air susu ibu (ASI) merupakan asupan terbaik untuk bayi. Namun, Moms tak boleh lupa, Si Kecil perlu mendapatkan ASI berkualitas!

Pemberian ASI eksklusif bukan sekadar untuk memenuhi kebutuhan nutrisi fisik bagi Si Kecil. ASI juga punya peran penting dalam membentuk fondasi kesehatan dan kecerdasan bayi.

Tahukah Moms? ASI mengandung antibodi yang bisa membantu tubuh Si Kecil melawan infeksi dari virus maupun bakteri. Selain itu, ASI mengandung nutrisi yang berperan dalam perkembangan otak serta fisik bayi.

Memberikan ASI eksklusif, terutama pada 6 bulan pertama kehidupan Si Kecil, merupakan hal esensial. Namun, yang tak kalah penting, ASI yang diberikan juga harus berkualitas dan mengandung cukup nutrisi, Moms.

Menurut Jennifer Vidya, ahli gizi yang mengisi sesi Nutrition Talk "Kumpul ASIK Blackmores" di Semarang beberapa waktu lalu, ibu hamil dan menyusui perlu memastikan pemenuhan kebutuhan nutrisi mikro. Nutrisi mikro terdiri dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Walau porsi kebutuhannya kecil, zat gizi mikro punya peranan sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Perlu diketahui, memenuhi asupan nutrisi mikro tidak semudah asupan nutrisi makro. Kebutuhan nutrisi makro yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak, lebih mudah dipenuhi dari asupan makanan sehari-hari.

Sayangnya, jumlah nutrisi mikro dalam makanan tergolong sedikit. Di samping itu, kualitas dan kuantitas nutrisi mikro rentan rusak karena makanan kerap diolah dengan beragam teknik masak.

Padahal Moms, fungsi nutrisi tersebut sangat krusial untuk mendukung tumbuh kembang bayi serta menghasilkan ASI berkualitas. Itulah alasan mengapa Moms perlu mengonsumsi suplemen secara teratur guna membantu memenuhi kebutuhan nutrisi mikro selama masa kehamilan dan menyusui.

Manfaat nutrisi mikro dan omega-3

Selain nutrisi mikro, omega-3 ternyata juga penting untuk tumbuh kembang otak anak agar kecerdasannya maksimal. Nah, kandungan keduanya ada di Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold.

Produk Blackmores ini mengandung 17 nutrisi mikro dan omega-3 yang diformulasikan khusus bagi ibu hamil dan menyusui. Kombinasi nutrisi mikro dan omega-3 yang terkandung dalam Blackmores PBFG akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak pada 1.000 hari pertama kehidupannya, tepatnya sejak masa awal kehamilan.

Perhatian terhadap kebutuhan nutrisi ibu dan calon buah hati tidak hanya perlu dilakukan saat hamil. Risiko gagal tumbuh atau stunting masih berlangsung pascakelahiran bila kebutuhan nutrisi anak tidak dipenuhi secara optimal.

Oleh karena itu, konsumsi Blackmores PBFG pun harus dilanjutkan pada masa menyusui sehingga ibu bisa menghasilkan ASI berkualitas yang kaya nutrisi. Dengan kata lain, kuantitas ASI yang melimpah harus dibarengi dengan kualitas yang baik supaya kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi.

“Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold hadir sebagai solusi efektif agar ibu dapat menghasilkan ASI berkualitas sehingga dapat mewujudkan tumbuh kembang anak yang optimal,” jelas Juliana Nurwulan, Brand Manager Blackmores.

Komitmen Blackmores

Memahami betul betapa pentingnya asupan nutrisi mikro bagi ibu hamil dan menyusui, Blackmores menggelar acara Kumpul ASIK (Asupan Ibu Berkualitas Karena) Blackmores pada 22 Juni 2024 di Semarang. Acara ini merupakan wujud komitmen Blackmores dalam mendukung kesehatan ibu dan anak secara optimal.

Kumpul ASIK Blackmores adalah rangkaian dari campaign #PeduliASIBerkualitas yang diluncurkan pada Maret 2024. Kampanye ini merupakan bentuk komitmen dan inisiatif Blackmores untuk mengedukasi ibu Indonesia tentang pentingnya ASI berkualitas.

Keseruan Kumpul ASIK Blackmores diakhiri dengan pemberian hampers berisi paket Asupan Sehat Ibu (ASI) lengkap, suplemen Blackmores, serta hidangan yang dikreasikan dalam sesi demo masak sebelumnya.

Seluruh rangkaian acara Kumpul ASIK diharapkan menambah wawasan para ibu modern tentang pentingnya nutrisi mikro dan omega-3 bagi tumbuh kembang Si Kecil. Memulai kebiasaan baru berupa suplementasi setiap hari tentu makin mudah karena didukung hampers eksklusif persembahan Blackmores.

Niscaya anak-anak yang memperoleh nutrisi cukup sejak dalam kandungan hingga masa menyusui akan terbebas dari risiko gagal tumbuh atau stunting. Tumbuh kembang fisik dan otak anak yang bebas stunting tentu berlangsung normal disertai daya tahan tubuh kuat sehingga tidak mudah sakit. Ibu cerdas tentu telaten menjalani masa kehamilan dan #PeduliASIBerkualitas dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan suplemen secara teratur. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Dok. Blackmores)