Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya

6 Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya

Moms, pernahkah Anda mengalami telinga berdenging di sebelah kiri? Telinga berdenging, atau yang dikenal dengan istilah tinnitus, merupakan kondisi umum yang dialami banyak orang. Denging pada telinga ada yang bersifat sementara dan ada juga yang berkelanjutan dengan tingkat keparahan yang cukup bervariasi.

Buat sebagian orang, mengalami telinga berdenging sebelah kiri tentu bisa membuat tidak nyaman saat melakukan aktivitas. Meski bukan penyakit, telinga berdenging bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan tertentu. Bahkan kondisi ini tak jarang bisa menghambat produktivitas dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Karena alasan tersebut, jangan biarkan kondisi ini terjadi terus-menerus ya, Moms. Setidaknya ada 6 penyebab telinga berdenging sebelah kiri yang perlu Anda ketahui. Simak informasi lengkapnya berikut ini dan cara mengatasinya.

1. Ada kerusakan di telinga bagian dalam

Penyebab telinga berdenging yang pertama adalah adanya kerusakan di telinga bagian dalam. Pada kondisi telinga yang normal, bunyi yang masuk kemudian dikirim ke otak oleh saraf-saraf pendengaran melalui koklea. Nah, saat koklea mengalami masalah, maka proses pengiriman bunyi akan terhambat, sehingga timbul bunyi berdenging.

2. Infeksi pada telinga

Telinga sebelah kiri berdenging bisa menjadi tanda infeksi telinga, Moms. Infeksi ini disebabkan oleh adanya virus atau bakteri yang merusak sel-sel rambut pada telinga, sehingga menyebabkan telinga bagian tengah mengalami tekanan dan muncul bunyi denging.

3. Mendengar suara yang keras

Mendengar suara keras juga bisa menjadi penyebab telinga berdenging sebelah kiri. Bunyi denging yang muncul merupakan sebuah peringatan jika telinga Anda menerima paparan suara keras yang mengganggu. Suara yang keras, apalagi jika didengar berulang-ulang, bahkan bisa sampai menyebabkan gangguan pendengaran yang permanen.

4. Mengalami cedera di area kepala atau leher

Bunyi berdenging pada telinga juga bisa muncul saat Anda mengalami cedera di area kepala atau leher. Cedera bisa merusak sistem saraf pendengaran yang menghubungkan sel-sel rambut ke otak. Mengutip Healthline, saraf pendengaran yang rusak bisa menyebabkan timbulnya suara denging pada telinga serta gangguan pendengaran lainnya.

5. Gangguan pada pembuluh darah

Gangguan pembuluh darah bisa menyebabkan munculnya bunyi denging di telinga. Ini bisa terjadi karena gangguan pembuluh darah menyebabkan aliran darah di pembuluh arteri jadi lebih kuat, sehingga telinga pun jadi berdenging. Setidaknya ada tiga gangguan pembuluh darah yang bisa memengaruhi pendengaran yakni, aterosklerosis, tekanan darah tinggi, hingga cacat pembuluh darah.

6. Menumpuknya kotoran telinga

Penyebab telinga berdenging yang terakhir adalah menumpuknya kotoran telinga. Tanpa disadari, kotoran yang jarang dibersihkan akan menumpuk dan menekan beberapa bagian penting dari organ telinga. Jika ini terjadi, maka risiko munculnya denging di telinga juga akan meningkat.

Cara mengatasi telinga berdenging sebelah kiri

Jika Moms mendapati telinga berdenging, jangan langsung panik, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, seperti:

  • Bersihkan kotoran telinga secara rutin. Jika kesulitan melakukannya di rumah, mintalah bantuan medis untuk mengeluarkan kotoran telinga menggunakan alat.
  • Gunakan alat bantu dengar yang direkomendasikan dokter untuk mengurangi denging pada telinga.
  • Dengarkan white noise sebagai bentuk perawatan telinga. White noise bisa didapatkan dengan mendengarkan suara ombak, suara hujan, atau dengungan kipas angin.
  • Berhenti mendengarkan musik dengan volume berlebihan, terlebih jika Anda sedang menggunakan headphone.
  • Jaga kesehatan tubuh dengan rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan hindari stres.

Itulah beberapa penyebab telinga berdenging sebelah kiri dan cara mengatasinya. Meskipun telinga berdenging merupakan hal yang umum terjadi, Anda tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter, terutama jika denging telinga sudah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. (M&B/Ayu/SW/Foto: Cookie_Studio)