Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Arti Bunga Matahari, dari Melambangkan Kesetiaan Hingga Keberuntungan

7 Arti Bunga Matahari, dari Melambangkan Kesetiaan Hingga Keberuntungan

Bunga matahari adalah salah satu bunga terindah dengan kelopak bunganya yang berwarna kuning cerah. Bunga matahari juga termasuk unik, karena bunganya hanya akan mekar menghadap arah datangnya sinar matahari.

Selain keindahan visualnya yang memikat, bunga matahari dikenal sebagai bunga serbaguna. Bunga matahari bisa dimanfaatkan sebagai sumber makanan. Biji bunga matahari bisa diolah menjadi tepung untuk dijadikan roti, dimakan sebagai camilan, dicampur dengan oat atau biji-bijian lainnya, dan bisa diekstrak untuk dijadikan minyak.

Namun, tak hanya dikenal sebagai bunga yang indah dan serbaguna, ternyata bunga matahari juga dikenal sebagai bunga yang memiliki arti dan makna mendalam. Secara umum, arti bunga matahari bisa melambangkan kesetiaan, kekuatan, harapan, cinta, serta kemakmuran dan keberuntungan.

Dalam artikel ini, M&B sudah merangkum secara lengkap arti bunga matahari yang perlu Anda ketahui. Silakan disimak, Moms!

1. Melambangkan kesetiaan

Dalam Mitologi Yunani, diceritakan bahwa ada seorang peri cantik bernama Clytie yang jatuh cinta kepada Apollo, Dewa Matahari. Namun, Apollo justru jatuh cinta kepada peri Leucothoe. Karena cemburu, peri Clytie melaporkan kedekatan keduanya kepada ayahnya, dan sebagai hukuman, peri Leucothoe dikubur hidup-hidup oleh ayahnya.

Mengetahui hal tersebut, Apollo sangat marah dan mengutuk peri Clytie menjadi bunga matahari. Bunga ini akan terus memandang ke arah matahari, ke arah dewa yang dikaguminya, meskipun dewa itu tidak lagi peduli kepadanya.

Dari kisah romantis tetapi tragis itulah bunga matahari sering disebut sebagai lambang kesetiaan yang tak tergoyahkan, sama seperti cinta dan pemujaan Clytie kepada Apollo yang tidak berhenti meski ia tidak pernah mendapatkan cinta Apollo.

2. Melambangkan kekuatan 

Sifat bunga matahari yang terkenal tangguh serta mampu bertahan dalam kondisi cuaca apa pun menjadikannya bunga yang merepresentasikan kekuatan, ketahanan, dan ketabahan dalam menghadapi setiap kesulitan.

3. Mewakili harapan dan optimisme

Bunga matahari bisa melambangkan harapan dan optimisme. Arti bunga matahari yang satu ini berasal dari sifat unik bunga matahari yang selalu mekar menghadap arah datangnya sinar matahari—berdasarkan Mitologi Yunani—yang merupakan perwujudan dari harapan dan optimisme.

4. Melambangkan cinta

Berdasarkan karakteristik bunganya yang selalu mekar menghadap arah datangnya sinar matahari dan berdasarkan Mitologi Yunani, bunga matahari juga terkenal sebagai bunga yang melambangkan cinta selain mawar. Karena itu, memberikan bouquet bunga matahari juga bisa jadi alternatif hadiah romantis untuk pasangan Anda di momen spesial. 

6. Melambangkan kemakmuran, keberuntungan, dan umur panjang

Dalam kebudayaan Tiongkok, warna kuning pada bunga matahari melambangkan kemakmuran, keberuntungan, dan umur panjang. Memiliki makna yang hampir sama, bagi penduduk asli Amerika, bunga matahari juga melambangkan rezeki yang melimpah dan kemakmuran dalam hidup.

5. Melambangkan energi positif yang membawa kebahagiaan dan membangkitkan semangat

Tak hanya bisa berarti kemakmuran dan keberuntungan, warna kuning cerah pada bunga matahari juga bisa melambangkan energi positif yang dapat membawa kebahagiaan dan membangkitkan semangat.

7. Memiliki hubungan spiritual

Menurut beberapa agama dan kepercayaan, bunga matahari dianggap suci yang melambangkan pencerahan dan pertumbuhan spiritual. Ini karena fakta bunga matahari yang selalu berusaha mencari cahaya, warna bunganya yang kuning cerah, dan tangkai bunganya yang menjulang tinggi, sehingga memberi gagasan tentang pencerahan dan pertumbuhan secara spiritual. Selain itu, dalam Mitologi Yunani, bunga matahari diasosiasikan dengan Dewa Matahari, salah satu dewa utama dalam 12 Dewa-Dewi Olimpus.

Selain keindahan visual dan keserbagunaannya, itulah 7 makna dan arti bunga matahari yang perlu Anda ketahui. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Kelly Sikkema/Unsplash)