Type Keyword(s) to Search
KID

Tips Mendukung Anak untuk Eksplorasi dan Bermain di Luar Ruangan

Tips Mendukung Anak untuk Eksplorasi dan Bermain di Luar Ruangan

Makin bertumbuh besar, anak-anak umumnya cenderung memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan senang mengeksplorasi banyak hal di sekitarnya. Nah, sebagai orang tua, Moms bisa mendukung kebutuhan eksplorasi Si Kecil dengan mulai membiasakannya bermain di luar ruangan.

Bukan rahasia lagi, bermain di luar ruangan memiliki segudang manfaat buat anak, baik fisik maupun mental. Berdasarkan studi pada tahun 2021 yang diterbitkan The National Institutes of Health, bermain di luar ruangan memiliki manfaat seperti:

  • Memungkinkan anak untuk memutuskan sendiri bagaimana cara bereksplorasi
  • Memberi anak lebih banyak kemungkinan untuk bermain dan berimajinasi
  • Mendorong anak untuk memecahkan masalah
  • Memungkinkan anak terpapar matahari dan mengenal lebih banyak hewan dan tanaman. 

Untuk Moms yang masih bingung bagaimana mendukung Si Kecil bereksplorasi dan bermain di luar ruangan, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Batasi penggunaan gadget

Membatasi waktu penggunaan gadget menjadi langkah awal bagi Anda untuk mulai membiasakan anak bermain di luar ruangan. Dengan begitu, Si Kecil akan mencari cara untuk mendapat hiburan lain untuk mengisi harinya.

2. Sesuaikan dengan minat anak 

Membiasakan anak untuk bermain di luar ruangan memang tidak mudah dan tak bisa instan. Karenanya, Anda bisa menyesuaikan dengan minat dan keingintahuan yang unik. Bila Si Kecil suka hal-hal yang berbau luar angkasa atau astronaut, coba ajak ia membuat kerajinan tema tersebut di luar bersama-sama.

3. Ajak anak jalan-jalan

Cara sederhana memaparkan Si Kecil pada alam terbuka adalah dengan mengajaknya jalan-jalan di sekitar rumah atau ke taman. Ini bisa juga Anda terapkan setelah Si Kecil sarapan, mengantarnya ke sekolah dengan berjalan kaki terutama saat jarak rumah dan sekolah tak terlalu jauh untuk dijangkau.

4. Ajak anak berkebun bersama 

Selain membuatnya beraktivitas di luar ruangan, berkebun menjadi cara untuk mengajarkan tanggung jawab pada anak-anak. Ibarat memiliki hewan peliharaan, Si Kecil juga harus merawat tanamannya dan memastikan tanaman tersebut cukup air dan vitamin, agar tidak layu dan mati. MaKarena itu, mintalah bantuan anak untuk menyiram dan merawat tanaman yang ia tanam secara teratur.

5. Jadikan bermain di luar sebagai rutinitas 

Setelah mengajarkannya melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan, kini saatnya Moms mendorong Si Kecil untuk melakukan aktivitas tersebut menjadi bagian dari rutinitasnya. Lakukan perlahan dari hari ke hari sambil terus mendampingi. Menyisihkan waktu satu jam sehari untuk membiasakannya bermain di luar menjadi permulaan yang baik.

6. Berikan perlindungan saat ia beraktivitas di luar

Sebagai orang tua, wajar jika Moms memiliki kekhawatiran saat Si Kecil bermain di luar. Paparan sinar matahari atau cuaca yang tak menentu juga menjadi perhatian Anda. Karenanya, jangan ragu untuk memberikan perlindungan terhadap kulitnya, misalnya dengan memberikan sunscreen atau minyak kayu putih.

Rahasia agar anak happy dan terlindungi saat main di luar rumah

Agar Si Kecil happy dan nyaman bereksplorasi di luar ruangan, Moms wajib memberikan produk perlindungan untuk kulitnya, terutama di cuaca yang sedang tak menentu, seperti tak lupa memakaikannya MY BABY Kids Minyak Kayu Putih Plus Lavender.

MY BABY Kids Minyak Kayu Putih Plus Lavender dapat membantu Si Kecil terlindung dari nyamuk dan cuaca dingin. Tak hanya itu, produk ini juga bisa membantu meredakan perut kembung serta masuk angin.

Diformulasi dari bahan alami pilihan, MY BABY Kids Minyak Kayu Putih Lavender tentunya mengandung lavender yang menenangkan. Kandungan eucalyptus-nya juga bisa memberi kehangatan dan melindungi Si Kecil dari gigitan nyamuk hingga 10 jam.

So, Moms, jangan lupa lindungi kulit Si Kecil dengan MY BABY Kids Minyak Kayu Putih Lavender setiap hari! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Jcomp/Freepik, MY BABY Kids)