Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Tahan Lama dan Bisa Dicoba

7 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Tahan Lama dan Bisa Dicoba

Jakarta tidak hanya dikenal sebagai pusat pemerintahan dan bisnis, tapi juga sebagai destinasi wisata yang menawarkan beragam kuliner khas. Bagi para pelancong dari daerah yang berkunjung ke Kota Metropolitan ini, membawa oleh-oleh menjadi satu cara untuk berbagi pengalaman dan kenangan manis dengan keluarga di rumah.

Namun, hingga kini masih banyak orang yang mungkin bingung untuk membawa oleh-oleh khas Jakarta, terutama yang bisa tahan lama. Padahal, jika kita mengeskplorasi sudut Kota Jakarta lebih jauh, ada beragam oleh-oleh yang bukan cuma lezat, tapi juga memiliki daya tahan cukup lama, sehingga bisa dinikmati setelah perjalanan panjang, mulai dari makanan tradisional hingga produk kerajinan tangan yang unik.

Buat Moms dan Dads yang selama ini penasaran, berikut informasi mengenai oleh-oleh khas Jakarta yang bisa Anda beli sebagai buah tangan saat berkunjung ke Jakarta.

1. Kue kembang goyang

Kue kembang goyang merupakan salah satu makanan tradisional khas Betawi. Kudapan yang satu ini dibuat dari tepung beras yang diberi tambahan rasa pandan dan biji wijen. Diberi nama kembang goyang, lantaran bentuknya yang mirip seperti bunga atau kembang, lalu diproses dengan cara digoreng sambil menggoyangkan cetakan. Kue ini memiliki dua pilihan rasa, yakni asin dan manis, sehingga Moms bisa sesuaikan dengan selera Anda.

2. Kue akar kelapa

Pernah dengar kue akar kelapa? Kue ini biasanya dikonsumsi masyarakat Betawi terutama pada momen Lebaran. Kue akar kelapa memiliki rasa yang gurih dan manis serta punya daya tarik tersendiri, terutama karena bentuknya yang mirip dengan akar pohon kelapa asli. Kue ini bisa jadi oleh-oleh yang tahan lama, terutama jika Anda menyimpannya di wadah yang kedap udara.

3. Roti buaya

Roti buaya tentu sudah tidak asing di telinga, ya. Ini merupakan salah satu pilihan oleh-oleh khas Jakarta berupa roti yang dibentuk seperti buaya. Biasanya, roti buaya disajikan dalam acara besar seperti momen pernikahan tradisional Betawi. Namun, saat ini, roti buaya bisa dibeli di sejumlah toko roti di Jakarta, sehingga Moms tak perlu repot jika ingin menjadikannya sebagai buah tangan.

4. Kue semprong

Oleh-oleh khas Jakarta berikutnya adalah kue semprong. Kue yang satu ini terinspirasi dari egg rolls yang berasal dari Portugis, tapi teksturnya lebih padat dan tidak mudah hancur. Ada berbagai bentuk kue semprong yang bisa Anda coba, mulai dari bentuk bambu, segitiga, hingga persegi panjang.

5. Dodol Betawi

Selama ini, Moms mungkin mengenal adanya dodol Garut. Namun, jangan salah, Jakarta juga punya dodol khas yang biasa disebut dengan nama dodol Betawi. Kudapan ini dibuat dari bahan utama berupa ketan putih, ketan hitam, serta durian, yang dimasak hingga 8 jam lamanya. Inilah yang kemudian membuat dodol Betawi memiliki cita rasa manis serta tekstur yang basah dan lengket.

6. Miniatur ondel-ondel

Tidak melulu soal makanan, Jakarta juga dikenal dengan ikon ondel-ondel. Ondel-ondel merupakan salah satu pertunjukan seni khas Betawi yang menampilkan sosok boneka besar dengan wajah berwarna merah serta tinggi kurang lebih 2,5 meter. Jika ingin menjadikannya oleh-oleh, Moms bisa membeli minatur ondel-ondel yang biasanya dikemas dalam boks plastik.

7. Bir pletok

Terakhir, ada bir pletok juga bisa Anda jadikan salah satu pilihan oleh-oleh khas Jakarta. Bir pletok merupakan minuman yang umum dikonsumsi masyarakat Betawi, bahkan sejak masa kolonial. Minuman ini memiliki cita rasa yang khas, karena terbuat dari campuran sejumlah rempah, seperti jahe, kayu manis, lada hitam, daun pandan, kapulaga, cengkeh, serai, dan kunyit. (M&B/Ayu/SW/Foto: Ishaq Robin/Unsplash)