Type Keyword(s) to Search
BABY

6 Manfaat Bone Broth untuk MPASI Bayi

6 Manfaat Bone Broth untuk MPASI Bayi

Moms, Anda mungkin pernah dengar tentang bone broth. Bone broth (kaldu tulang) adalah kaldu yang terbuat dari tulang dan jaringan ikat hewan seperti sapi dan ayam. Biasanya, bone broth digunakan untuk bahan dasar menu masakan seperti sup, saus, hingga kuah daging.

Makanan yang satu ini cukup populer, karena dipercaya bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Ini berkat kandungan protein, mineral, dan kolagen yang ada di dalamnya.

Namun, tahukah Moms bahwa bone broth tak hanya bisa dikonsumsi orang dewasa? Bone broth juga bisa diberikan kepada bayi sebagai campuran menu makanan pendamping ASI (MPASI) Si Kecil. Bone broth sendiri punya banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat bone broth untuk bayi Anda, Moms.

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Menambahkan bone broth ke dalam MPASI bayi, bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh Si Kecil. Ini karena di dalam bone broth terkandung sejumlah mineral, seperti kalsium, magnesium, hingga fosfor. Mineral-mineral tersebut bisa membantu membersihkan racun-racun dalam tubuh, sehingga nantinya tubuh akan lebih sehat dan sistem imun pun terjaga.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Bone broth juga kaya nutrisi baik, seperti asam amino glisin yang bisa membantu membuat otak dan tubuh bayi jadi lebih rileks, Moms. Saat bayi dalam kondisi rileks, ini tentunya akan memudahkan Si Kecil untuk bisa istirahat serta mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, bayi tentu akan lebih ceria, kreatif, dan terhindar dari gangguan pertumbuhan.

3. Menghidrasi tubuh

Sama halnya seperti orang dewasa, bayi juga membutuhkan air agar fungsi kerja organ tubuhnya berjalan optimal. Selain itu, menurut IDAI, cairan menjadi satu komponen penting bagi tubuh bayi, karena status hidrasi yang cukup akan mendukung proses tumbuh kembangnya. Nah, salah satu cara untuk memenuhi asupan cairan, Moms bisa berikan bone broth yang tinggi kandungan air. Bone broth bisa Anda olah menjadi sup atau makanan berkuah lainnya untuk Si Kecil.

4. Mengurangi peradangan

Manfaat bone broth untuk bayi berikutnya adalah membantu mengurangi peradangan atau infeksi di dalam tubuh bayi. Seperti diketahui, bayi rentan mengalami peradangan seperti ruam kulit, flu, diare, hingga infeksi telinga. Nah, Moms bisa berikan bone broth untuk Si Kecil, karena di dalamnya terkandung asam amino yang akan bekerja melawan senyawa penyebab infeksi pada tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan tulang, otot, dan gigi

Bone broth juga dikenal kaya kalsium, karena dibuat dari rebusan tulang dan jaringan ikat hewan. Kalsium merupakan salah satu mineral yang punya banyak manfaat untuk mendukung tumbuh kembang bayi, misalnya membantu mengoptimalkan tinggi badan dan berat badan, meningkatkan kepadatan tulang, menyehatkan gigi, serta memperkuat otot tubuh. 

6. Menambah rasa pada MPASI

Bone broth juga bisa membantu menambah rasa pada MPASI bayi lho, Moms, sehingga Si Kecil jadi lebih lahap makan dan nutrisi di dalamnya bisa terserap optimal di sistem pencernaan. Selain itu, bone broth kaya glisin dan gelatin, yang akan menarik lebih banyak cairan ke dalam usus, sehingga bisa mendukung kesehatan sistem pencernaan bayi yang belum maksimal.

Itulah manfaat bone broth untuk bayi. Mulai sekarang, jangan ragu untuk menambahkan kaldu tulang ke dalam menu MPASI Si Kecil ya, Moms! (M&B/Ayu/SW/Foto: Rawpixel.com/Freepik)