Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sebelum Mencobanya, Ketahui Dulu tentang Personal Color Test di Indonesia!

Sebelum Mencobanya, Ketahui Dulu tentang Personal Color Test di Indonesia!

Dalam beberapa tahun terakhir, melakukan tes warna pribadi atau lebih dikenal dengan istilah personal color test telah menjadi tren baru di Indonesia. Tujuan dari tes ini adalah untuk membantu Anda menemukan warna-warna yang cocok untuk digunakan, baik itu saat menggunakan makeup, pakaian, maupun aksesoris. Penggunaan warna yang tepat bisa membantu menonjolkan kecantikan alami Anda.

Jika Anda ingin tahu tentang personal color test, termasuk cara kerja dan manfaatnya untuk Anda, berikut ini M&B telah merangkum semua yang perlu Anda ketahui tentang personal color test Indonesia. Simak ya, Moms!

Apa itu personal color test?

Sesuai namanya, personal color test adalah sebuah tes secara individu untuk menemukan warna-warna apa saja yang paling selaras dengan warna kulit, warna mata, dan warna rambut Anda. Tes ini bisa membantu Anda menemukan warna yang tepat, yang bisa meningkatkan penampilan dan bahkan bisa mencerahkan wajah Anda.

Personal color test benar-benar terasa personal, karena hasil yang diberikan bisa saja berbeda dari orang lain yang mungkin sekilas tampak memiliki warna kulit, warna mata, dan warna rambut yang sama dengan Anda.

Sebenarnya, tes semacam ini sudah ada sejak tahun 1980-an di Amerika Serikat. Namun, belakangan tes ini menjadi sangat populer di Indonesia berkat penyebarannya yang cepat melalui sosial media.

Cara kerja personal color test

Anda bisa melakukan personal color test dengan seorang personal color consultant bersertifikat untuk hasil yang lebih akurat dan mendetail. Tes warna pribadi ini biasanya akan melihat hue, value, dan chroma dari warna kulit, warna mata, dan warna rambut Anda, serta melihat base color atau undertone kulit Anda seperti warm, cool, atau neutral, yang dapat dilihat dari warna urat nadi di pergelangan tangan.

Setelah itu, personal color consultant akan melakukan pengujian warna menggunakan kain berwarna yang didasarkan pada konsep warna empat musim; musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Kain-kain berwarna tadi akan didekatkan ke area wajah Anda untuk melihat warna apa saja yang paling cocok dan bisa membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan bercahaya. Berdasarkan hasil pengujian warna itu, personal color consultant akan menyimpulkan palet warna yang paling cocok untuk Anda.

Penggunaan palet warna empat musim ini dimaksudkan agar lebih mudah dipahami, karena banyak orang cenderung mengasosiasikan suatu warna dengan musim tertentu, misalnya warna smoke grey dan biru untuk musim dingin atau warna burnt orange dan warm brown untuk musim gugur.

Untuk melakukan personal color test dengan seorang personal color consultant, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar 800 ribu hingga 1,5 juta rupiah (atau mungkin bisa lebih) untuk sekali pertemuan. Atau, Anda bisa melakukan personal color test secara online dan gratis, meski hasilnya bisa saja kurang akurat dan mendetail.

Manfaat personal color test

Melakukan personal color test bisa memberikan sejumlah manfaat buat Anda, yakni:

1. Meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri

Mengetahui warna apa saja yang paling selaras dengan warna kulit, warna mata, dan warna rambut Anda akan bisa membantu Anda menemukan gaya personal yang paling cocok. Tentu saja hal tersebut bisa meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri Anda.

2. Mencerahkan wajah

Ternyata, ada warna-warna tertentu yang dapat membuat wajah Anda terlihat lebih kusam, tapi di sisi lain ada warna-warna lainnya yang justru dapat membuat wajah Anda terlihat lebih cerah dan sehat. Dengan kata lain, menggunakan warna yang tepat dapat mencerahkan wajah, menonjolkan kecantikan alami, dan membuat keseluruhan penampilan Anda jadi terlihat lebih selaras.

Itulah semua yang perlu Anda ketahui tentang personal color test, termasuk cara kerja dan manfaatnya untuk Anda. Penggunaan warna yang tepat bisa membantu menonjolkan kecantikan alami Anda.

Kini Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk melakukan personal color test, karena saat ini sudah banyak personal color consultant bersertifikat di Indonesia yang bisa membantu Anda menemukan warna-warna apa saja yang paling selaras dengan Anda. Bagaimana, Anda tertarik untuk melakukan personal color test, Moms? (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)