Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

8 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Bekas jerawat yang ada di wajah pastinya sedikit banyak bisa mengganggu penampilan kita, Moms. Ya, jerawat bisa meninggalkan bekas seperti noda hitam pada wajah, bahkan tidak menutup kemungkinan berpotensi menjadi makin parah.

Menurut American Academy of Dermatology, jika Anda berjerawat, hindari kebiasaan memencet ataupun terlalu sering menyentuh jerawat, karena hal tesebut bisa menimbulkan peradangan yang lebih parah. Jika sudah begini, terkadang jerawat yang sudah hilang bisa menimbulkan bekas di kulit.

Untuk mengatasinya, Moms perlu mencari cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel tersebut. Namun, jika kulit Anda ternyata sensitif dan Anda khawatir dengan efek samping pengobatan, Anda bisa menggunakan cara-cara alami yang lebih aman. Berikut ini 8 cara menghilangkan bekas jerawat secara alami, Moms.

Baca juga: Muka Jerawatan saat Hamil? Ini Cara Alami untuk Mengatasinya

1. Madu

Mengutip Healthline, madu bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Madu memiliki kandungan antibakteri untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus menyamarkan luka bekas jerawat di kulit. Cara penggunaannya pun mudah, Anda bisa menjadikan madu sebagai salah satu bahan untuk masker wajah.

2. Lidah buaya

Dilansir dari Medical News Today, gel lidah buaya bisa digunakan sebagai masker untuk mengatasi bekas jerawat, karena kandungan aloin yang terdapat di dalamnya. Untuk menggunakannya, bersihkan wajah lalu oleskan daging lidah buaya. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

3. Mentimun

Kandungan vitamin dan mineral di dalam mentimun bisa dimanfaatkan untuk menghidrasi kulit dan membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat serta mengurangi peradangan pada wajah. Cara pakainya pun sangat mudah, iris mentimun dan tempelkan di area bekas jerawat di wajah.

4. Lemon

Buah satu ini kaya vitamin C. Kandungan ini sangat ampuh untuk menghilangkan noda atau bekas jerawat pada wajah. Untuk menggunakannya, Moms bisa ambil perasan air lemon, kemudian usapkan pada wajah. Lakukan ini secara rutin ya, Moms. Namun, buat Anda yang punya kulit kering, sebaiknya hindari menggunakan lemon di wajah, karena bisa menyebabkan kulit teriritasi.

5. Cuka apel

Walaupun belum teruji secara klinis, cuka apel dipercaya banyak orang bisa membantu menyamarkan bekas jerawat dengan menyingkirkan sel kulit yang rusak dan meregenerasi sel kulit yang baru. Cara penggunaannya, campurkan cuka apel dengan air secukupnya. Setelah itu, basahi kapas dengan larutan cuka apel, lalu tepuk-tepuk dengan lembut ke area bekas jerawat hingga merata.

6. Minyak biji anggur

Anda juga bisa menggunakan minyak biji anggur untuk membantu mengurangi munculnya bekas jerawat. Minyak biji anggur kaya vitamin E yang terbukti mampu menghilangkan bekas luka. Oleskan minyak biji anggur dua kali sehari dan Anda bisa melihat hasilnya dalam waktu dua minggu.

7. Kunyit

Kunyit dipercaya efektif untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah dan meregenerasi sel kulit, sehingga kulit wajah jadi lebih cerah. Anda bisa menggunakan bubuk kunyit sebagai masker untuk memudarkan warna bekas jerawat.

8. Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang memiliki sifat antimikroba. Inilah yang membuat teh hijau bisa memudarkan bekas jerawat. Jika Moms sulit mendapatkan teh hijau secara langsung, Anda bisa membeli teh hijau yang sudah berbentuk bubuk dan memakainya untuk masker wajah. (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Freepik)