Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sinopsis Film Thaghut, Film Horor tentang Ajaran Sesat

Sinopsis Film Thaghut, Film Horor tentang Ajaran Sesat

Film bergenre horor merupakan salah satu jenis film yang digemari masyarakat Indonesia, karena biasanya film horor lokal memiliki kisah yang begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga perasaan sensasi serunya maksimal. Nah, salah satu film horor lokal yang baru tayang adalah Thaghut.

Film karya Bobby Prasetyo ini telah tayang di bioskop sejak 29 Agustus. Mengajak Yasmin Napper dan Ria Ricis, film ini pastinya sayang jika dilewatkan. Yuk, simak sinopsis dan fakta menariknya berikut ini!

Sinopsis film Thaghut

Ainun (Yasmin Napper) adalah seorang santriwati yang mengagumi sosok Abah Mulya (Whani Darmawan). Abah terkenal sangat disegani oleh banyak orang, terutama para penduduk desa yang tinggal bersama Abah. Pasalnya, Abah dinilai sakti karena mampu menyembuhkan berbagai penyakit dan suka menolong orang.

Namun, tiba-tiba Abah ditemukan mati mengenaskan. Abah mati dengan kondisi tubuh terpisah dari kepalanya. Lingga (Dennis Adhiswara), salah satu murid Abah, kemudian memberi tahu Ainun bahwa Abah telah meninggal. Ainun sendiri merupakan anak kandung pertama Abah. Kaget dan merasa kehilangan, Ainun pun menyetujui untuk datang ke desa tinggal Abah dan menghadiri pemakamannya.

Tidak sendiri, Ainun ditemani oleh kedua teman dekatnya, yaitu Rini (Ria Ricis) dan Bagas (Arbani Yasiz). Namun, setibanya di desa, mereka menemukan berbagai kejanggalan. Salah satu yang paling aneh adalah larangan untuk mengumandangkan azan, meski ada sebuah musala di desa tersebut.

Di rumah tinggal Abah, ada Ajeng (Hana Saraswati), istri ketiga Abah, dan Rahmat (Keanu Azka), anak kedua Abah yang memiliki kondisi cacat lahir. Rahmat pun mengungkapkan bahwa Abah adalah penganut ajaran sesat dan keberadaan Ainun di desa bisa menjadi petaka.

Namun, Ainun tak menggubris omongan Rahmat dan tetap berusaha mempelajari ajaran Abah. Hingga pada akhirnya Ainun mulai menjalani sebuah ritual berdarah yang aneh. Ainun mulai dikuasai oleh setan dan mulai mampu melakukan hal-hal ajaib di desa.

Lalu, apakah Ainun berhasil kembali ke jalan hidup yang benar? Bisakah Ainun mengalahkan kekuatan setan dan menghapus ajaran sesat Abah? Temukan jawabannya dengan menonton film Thaghut di bioskop, Moms!

Fakta menarik film Thaghut

Euforia keseruan film Thaghut tidak bisa dilepaskan dari berbagai fakta menarik di belakangnya. Yuk, simak beberapa fakta menarik film Thaghut berikut ini!

1. Berubah judul

Sebelum diberi judul Thaghut, film ini bertajuk Kiblat. Perubahan judul film ini dipicu dengan munculnya protes karena dianggap menistakan agama. Oleh karena itu, film ini kemudian berganti judul menjadi Thaghut. Thaghut sendiri merupakan istilah yang merujuk pada berhala atau tuhan selain Allah.

2. Kontroversi

Mengisahkan tentang ajaran sesat dan ilmu gaib, film Thaghut ternyata pernah mendapatkan somasi dari kelompok bernama Dukun Putih. Leo Pictures selaku rumah produksi film Thaghut pernah dituntut klarifikasi. Kelompok Dukun Putih menganggap bahwa film ini memberikan pandangan negatif terhadap dukun-dukun di Indonesia. Kelompok ini juga meminta klarifikasi dari Leo Pictures atas pandangan bahwa dukun adalah sesuatu yang thaghut.

3. Pesan moral

Di samping perubahan judul dan tuntutan dari kelompok tertentu, film ini nyatanya memberikan pesan moral yang baik buat para penonton. Pada dasarnya, tidaklah baik untuk mengidolakan seseorang secara berlebihan hingga melupakan Tuhan. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Youtube/Leo Pictures)