Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Physical Sunscreen yang Friendly untuk Kulit Sensitif

Rekomendasi Physical Sunscreen yang Friendly untuk Kulit Sensitif

Sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit yang tak boleh terlewatkan, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah tropis. Sunscreen memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari sinar matahari, khususnya dari kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Meskipun begitu, Anda tidak boleh sembarangan memakai sunscreen. Alih-alih memakai chemical sunscreen, Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya memakai physical sunscreen.

Perbedaan utama chemical sunscreen dan physical sunscreen adalah pada kandungan bahan aktif di dalamnya dan cara kerjanya. Physical sunscreen memiliki bahan aktif titanium dioksida dan zinc oksida yang menciptakan penghalang pada kulit dengan cara memantulkan sinar UV. Sunscreen jenis ini juga bekerja dengan membentuk perisai agar sinar UV tidak tembus ke dalam kulit. Untuk penggunaannya, Anda yang berkulit kering disarankan untuk memilih sunscreen berbentuk krim, sedangkan Anda yang berkulit berminyak bisa menggunakan sunscreen berbentuk gel.

Ada banyak brand yang memiliki produk physical sunscreen. Berikut ini rekomendasinya dari M&B untuk Anda, Moms.

1. Wardah UV Shield Physical Sunscreen Serum

Wardah UV Shield Physical Sunscreen Serum merupakan water based sunscreen dengan gentle formula, lightweight texture, dan non-whitecast. Formulanya ringan, sehingga cepat meresap pada kulit dan nyaman digunakan seharian. Produk ini juga diperkaya dengan bahan-bahan alami seperti Uji Kyoto Matcha dan oatmeal yang membantu menutrisi kulit yang reaktif akibat paparan sinar berlebih. Sunscreen ini telah teruji secara dermatologi, tidak mengandung alkohol, pewangi, dan hypoallergenic.

Beli di Shopee

2. Some By Mi Truecica Mineral Calming Sunscream

Some By Mi Truecica Mineral Calming Sunscream diklaim memiliki daya perlindungan sinar UV cukup kuat. Selain memberikan perlindungan dari sinar matahari, produk ini juga bisa membantu kulit tampak cerah. Kandungan ekstrak lidah buayanya membantu menenangkan kulit dengan lembut tanpa khawatir iritasi.

Beli di Shopee

3. LABORÉ Sensitive Skin Care BiomeProtect Physical Sunscreen

LABORÉ Sensitive Skin Care BiomeProtect Physical Sunscreen diformulasikan dengan 100 persen mineral filter (zinc oxide dan titanium oxide). Dengan microbiome technology, produk ini membantu menjaga kekuatan skin barrier sehingga kulit terlihat lebih sehat. Selain itu, kandungan broad spectrum protection-nya efektif menangkal sinar UVA UVB, blue light, dan radikal bebas dari polusi akibat paparan sinar matahari.

Beli di Tokopedia

4. Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum

Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum merupakan multitask sunscreen yang melindungi kulit dari UVA & UVB, sekaligus berfungsi sebagai color corrector yang menjadikan warna kulit tampak lebih merata dan cerah. Produk ini memiliki tekstur ringan, sehingga cepat menyerap, tidak lengket, dan memberikan satin skin-like finish. Produk ini juga bersifat antioksidan dan efektif menyamarkan kemerahan karena dikombinasikan dari bahan alami yang cocok untuk kulit sensitif.

Beli di Shopee

5. Expert Care Physical Sunscreen

Expert Care Physical Sunscreen merupakan sunscreen yang ramah bagi kulit bayi dan anak. Produk ini juga diperkaya dengan multiple ceramide sebagai pelembap alami tubuh untuk memperkuat skin barrier. Dengan kandungan alaminya, sunscreen ini tidak hanya melindungi dari sinar matahari, tapi juga bisa mengatasi kulit kering dan sensitif, termasuk kulit penderita eksim.

Beli di Tokopedia

6. Naavagreen Physical Sunscreen

Naavagreen merupakan brand skincare local yang memiliki rangkaian produk lengkap, salah satunya physical sunscreen. Naavagreen Physical Sunscreen memiliki tekstur yang creamy atau agak kental sehingga nyaman diaplikasikan ke semua jenis kulit. Produk ini memiliki kandungan pelembap yang baik, seperti humektan, emolien, dan oklusif serta bisa membantu melindungi kulit dari sinar matahari.

Beli di Shopee

(M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik, Shopee, Tokopedia)