Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Resmi Dibuka, Sekolah Alam Atelier Jakarta Usung Pendidikan Berbasis Alam

Resmi Dibuka, Sekolah Alam Atelier Jakarta Usung Pendidikan Berbasis Alam

Memilih sekolah yang tepat untuk balita Anda merupakan keputusan penting guna mempersiapkan anak menghadapi tahap pendidikan selanjutnya. Nah, jika Moms tengah mencari sekolah untuk Si Kecil, Sekolah Alam Atelier bisa menjadi pilihan buat Anda. Sekolah yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, ini berfokus pada pendidikan anak-anak usia dini (PAUD) mulai dari umur 6 bulan sampai 6 tahun.

Namun, berbeda dengan sekolah PAUD pada umumnya, sekolah ini menerapkan kurikulum Reggio Emilia, sebuah pendekatan pembelajaran berbasis alam yang memungkinkan anak-anak untuk belajar tidak terbatas pada ruang kelas, tapi bisa belajar di alam dan ruangan terbuka.

Supiani Winata, Pendiri dan Direktur dari Alam Atelier mengatakan, “Salah satu program pembelajaran yang diberikan di Alam Atelier adalah pendekatan Reggio Emilia. Pendekatan pembelajaran ini berpusat pada anak dan menghargai anak sebagai peserta aktif dalam perjalanan belajar mereka. Pendekatan ini menekankan pengalaman langsung, kolaborasi, dan eksplorasi, yang memungkinkan anak-anak untuk mengekspresikan diri melalui berbagai bentuk seni dan komunikasi.”

Adapun menurut Supiani, pendidik atau guru-guru di Sekolah Alam Atelier berperan sebagai fasilitator, mengamati dan merespons minat anak-anak, menumbuhkan kecintaan terhadap pembelajaran dan rasa kebersamaan yang kuat. Selain itu, lingkungan dianggap sebagai guru ketiga bagi anak. Filosofi sekolah berfokus pada penciptaan ruang yang mendorong anak-anak untuk mengeksplorasi, bertanya, dan terlibat dalam pengalaman langsung termasuk ketika mereka berada di alam terbuka.

Sementara itu, Maryati Lauw, Direktur Operasional Alam Atelier, menjelaskan bahwa program di Sekolah Alam Atelier bertujuan untuk membangun anak secara holistik dan dirancang sedemikian rupa, sehingga diharapkan dapat melahirkan anak-anak yang bukan hanya cerdas, mencintai alam, tapi juga mandiri, kreatif, dan percaya diri.

Salah satu hal yang tak kalah menarik dari sekolah ini adalah adanya kegiatan gymnastics yang disisipkan ke dalam program sehari-hari anak-anak. Sekolah Alam Atelier bekerja sama dengan sekolah gymnastics nomor satu di Singapura, Bazgym Gymnastics School. (M&B/SW/Foto: Dok. Sekolah Alam Atelier)