Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Manfaat Mengonsumsi Pepaya untuk Kesehatan Ibu Hamil

7 Manfaat Mengonsumsi Pepaya untuk Kesehatan Ibu Hamil

Saat hamil, Moms perlu mengonsumsi makanan bergizi, termasuk buah-buahan yang kaya vitamin, mineral, dan serat. Salah satu jenis buah yang perlu dikonsumsi dan punya manfaat buat ibu hamil adalah pepaya.

Pepaya tidak hanya memiliki rasa yang enak. Kandungan nutrisinya juga tergolong lengkap. Buah ini mengandung serat, vitamin A, B, C, K, folat, potasium, kalsium, dan magnesium. Pepaya juga memiliki kandungan antioksidan bernama karetenoid, salah satunya likopen. Mengingat kandungan nutrisinya yang baik, bumil bisa mengonsumsi pepaya dengan rutin. Berikut ini manfaat pepaya untuk ibu hamil, Moms.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Moms pastinya sudah tahu manfaat serat untuk tubuh. Ya, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Nah, pepaya termasuk buah yang kaya serat. Menurut penelitian yang diterbitkan National Institutes of Health, pepaya bisa membantu mencegah berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, kembung, dan maag. Selain itu, serat dalam pepaya dibutuhkan tubuh agar bisa mencerna makanan dengan baik.

2. Mencegah morning sickness

Salah satu keluhan yang sering dialami bumil adalah munculnya rasa mual dan muntah atau yang biasa disebut morning sickness. Pada umumnya, keluhan ini muncul sejak awal kehamilan dan berkurang gejalanya seiring bertambahnya usia kandungan. Keluhan ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi pepaya yang sudah matang.

3. Memelihara sistem kekebalan tubuh

Vitamin dan antioksidan yang terdapat di dalam pepaya sangat penting untuk tubuh. Dilansir dari The British Journal of Nutrition, antioksidan karotenoid dalam pepaya lebih tinggi ketimbang buah-buahan lainnya. Karotenoid ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mencegah penyakit akibat infeksi virus dan radikal bebas.

4. Meningkatkan kadar hemoglobin

Dikutip dari Hello Sehat, pepaya juga bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin bumil. Hemoglobin sangat berperan dalam membantu penyebaran sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Jika jumlah hemoglobin rendah, bumil berisiko mengalami anemia yang bisa berakibat buruk pada dirinya maupun janin di dalam kandungan.

5. Mencegah dehidrasi

Saat hamil, Anda butuh asupan cairan lebih banyak dari biasanya. Pepaya termasuk jenis buah yang mengandung banyak air, sehingga mengonsumsi pepaya bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan bumil.

6. Menyuplai energi

Manfaat lain dari pepaya untuk bumil adalah sebagai sumber energi. Energi diperoleh dari kandungan gula dan kalori yang terdapat di dalam buah tersebut. Kecukupan energi merupakan faktor penting untuk mencegah kelelahan yang kerap dialami bumil.

7. Mengurangi risiko komplikasi kehamilan

Risiko komplikasi kehamilan juga bisa diturunkan dengan mengonsumsi pepaya matang secara rutin. Pasalnya, buah ini mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah masalah tersebut. Beberapa jenis komplikasi yang bisa dialami bumil adalah preeklampsia (tekanan darah tinggi saat hamil), diabetes gestasional (gula darah tinggi saat hamil), keguguran, dan bayi terlahir secara prematur.

Pilih yang matang

Pepaya memang punya banyak manfaat buat bumil. Namun, jangan asal pilih pepaya, Moms. Anda sebaiknya mengonsumsi pepaya yang sudah matang. Selain rasanya lebih enak, pepaya yang sudah matang cenderung tidak memiliki efek negatif.

Adapun pepaya mentah memiliki getah yang bisa merangsang kontraksi otot dinding rahim dan melemahkan lapisan membran pelindung janin, memicu reaksi alergi yang berbahaya pada bumil, dan berisiko mengakibatkan persalinan dini. Selain itu, tubuh bumil bisa keliru mengenali enzim papain sebagai hormon prostaglandin yang bisa memicu kontraksi. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)