Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Busy Book untuk Bantu Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

Rekomendasi Busy Book untuk Bantu Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

Anak yang suka membaca buku sejak dini tentunya akan memiliki perbendaharaan kata yang baik. Namun, bagaimana caranya agar anak terbiasa memegang buku? Sebagai langkah awal, Moms bisa berikan busy book sebagai salah satu jenis mainan yang edukatif kepada Si Kecil. Busy book adalah jenis buku yang dirancang khusus untuk melatih keterampilan anak dari usia bayi, batita, balita, hingga prasekolah.

Busy book biasanya dikemas dengan warna-warni cerah dan terbuat dari bahan yang aman untuk dimainkan Si Kecil. Seperti namanya, buku ini akan membuat anak Anda "sibuk" dengan permainan yang interaktif dan dapat melatih perkembangan kognitif, motorik halus, hingga problem solving Si Kecil. Tekstur yang ada pada busy book juga akan memberikan pengalaman sensorik yang mampu menstimulasi kemampuan anak. Berikut ini rekomendasi busy book dari M&B untuk Si Kecil.

1. GinukGinuk

Untuk menambah kosakata anak, Moms bisa memberikan lift-the-flap board book dari GinukGinuk. Di dalam buku ini terdapat gambar-gambar benda hidup dan mati beserta nama serta penampakan asli dari benda-benda yang tersembungi di balik gambarnya. Nama dari setiap benda pun dihadirkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk memudahkan anak mengenal beragam kata. Selain itu, tersedia jenis buku lainnya yang memiliki tampilan warna mencolok dan akan menarik perhatian Si Kecil untuk bermain dan belajar.

2. Busybookid

Moms bisa temukan berbagai macam busy book yang cocok untuk Si Kecil di Busybookid. Buku-buku ini hadir dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, yang akan membantu anak belajar huruf atau kata baru. Ada juga buku yang bisa membantu anak mengenal garis lurus, zig zag, berkelok, dan bahkan ada yang berisi angka-angka. Jadi, Si Kecil bisa belajar berhitung sejak dini dengan bermacam gambar berwarna yang membuatnya makin semangat belajar.

3. Fox and Bunny Baby Book

Yuk, cegah Si Kecil mengalami speech delay dengan memberikan busy book sejak dini, seperti buku-buku dari Fox and Bunny Baby Book. Buku-bukunya terbuat dari bahan poly premium, sehingga aman dimainkan Si Kecil. Ada beberapa varian tema buku, seperti little face untuk mengenal jenis ekspresi, fruits book untuk mengenal buah-buahan, dan sea book untuk mengetahui berbagai makhluk laut. Indra Si Kecil pun akan terstimulasi, sehingga membantunya memiliki tumbuh kembang yang optimal.

4. Bee Busy Book

Temukan busy book yang cocok dan sesuai dengan usia Si Kecil di Bee Busy Book. Ada banyak variasi buku yang dibuat khusus untuk anak usia 0 bulan sampai 6 tahun. Buku-buku ini dibuat dari bahan flanel yang pastinya aman untuk dimainkan Si Kecil. Salah satu keistimewaan dari buku di sini adalah setiap ornamennya dijahit sehingga tidak mudah rusak dan awet.

5. Little Friends

Satu lagi busy book yang bisa Moms intip adalah dari Little Friends. Variasi bukunya terbuat dari bahan Tommy Upp atau kain yang aman dan mudah dibersihkan. Salah satu temanya adalah mengenalkan Si Kecil dengan toilet. Hal ini pastinya akan membantu Anda untuk mendampingi anak saat fase potty training dimulai. Gambar, desain, dan warnanya yang menarik akan membuat Si Kecil belajar dan mengenal banyak hal baru.

Itulah beberapa rekomendasi busy book yang bisa Moms berikan kepada anak dari usia bayi hingga balita. Tak hanya bisa dipakai untuk bermain, buku ini juga bisa meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik Si Kecil. Buku ini juga bisa disesuaikan dengan menambahkan nama Si Kecil atau ditentukan isinya sesuai dengan kebutuhan. Jadi, Moms pilih busy book yang seperti apa untuk anak Anda? (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Prostooleh/Freepik, Instagram)