Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Kelas Gymnastic Berstandar Internasional untuk Anak

Rekomendasi Kelas Gymnastic Berstandar Internasional untuk Anak

Dunia anak adalah dunia bermain dan bereksplorasi tentang banyak hal di sekitar mereka. Namun, saat bermain dan bereksplorasi, akan lebih baik jika Si Kecil mendapat arahan yang tepat agar ia tidak mengalami cedera. Karenanya, Moms bisa ajak Si Kecil untuk mengikuti kelas gymnastic yang aman dan setiap peralatan serta pelatihnya sudah memiliki sertifikasi bertaraf internasional.

Gymnastic sendiri merupakan senam yang memadukan kekuatan, kelenturan, kecepatan, keseimbangan, koordinasi gerakan, kekuatan, dan disiplin. Anak dari usia 2 tahun sudah bisa dikenalkan dengan gymnastic, apalagi buat Si Kecil yang suka berlari, melompat, maupun memanjat. Nah, Moms bisa mencari kelas gymnastic yang cocok untuk Si Kecil dari rekomendasi berikut ini.

1. BazGym Indonesia

Pusat kebugaran untuk anak yang bisa Moms intip adalah BazGym Indonesia yang akhirnya membuka cabang baru di Jakarta. Sebelumnya, pusat kebugaran dengan peralatan berstandar olimpiade internasional asal Singapura ini sudah buka di Bali. Lokasi BazGym Jakarta berada di jalan Pangeran Antasari, bersebelahan dengan Alam Atelier School. Di sini terdapat bermacam-macam kelas untuk anak usia 18 bulan sampai 12 tahun ke atas. Program-program yang ditawarkan pun bertujuan untuk membangun kekuatan fisik dan mental anak serta berkontribusi untuk meningkatkan perkembangan kognitif, sosial, dan intelektual Si Kecil, termasuk untuk anak berkebutuhan khusus (ABK).

2. Kanika Gymnastic Club

Moms yang tinggal di area Bintaro bisa membawa Si Kecil berkenalan dengan Kanika Gymnastic Club. Di sini terdapat kelas untuk anak-anak dari usia 3,5 tahun ke atas yang akan membantu mereka untuk memiliki keseimbangan yang baik dengan cara menyenangkan. Jika Si Kecil tampak memiliki bakat kelenturan dan akrobatik yang mumpuni, maka ia bisa mengikuti kelas untuk menjadi atlet dengan pelatih yang sudah bersertifikasi. Selain di Bintaro, hadir juga Nika Gymnastic Club yang berada di Kemang dan Cibubur dengan program yang sama untuk membantu tumbuh kembang Si Kecil optimal.

3. Fast Gym Artistic Gymnastics Club

Satu lagi pusat kebugaran gymnastic untuk anak-anak adalah Fast Gym yang berada di CIBIS Park, Jakarta Selatan. Terdapat dua sesi kelas yang bisa Si Kecil ikuti, yaitu kelas reguler atau kelas intensif dengan peralatan yang aman berstandar internasional. Program pelatihan di sini mengacu pada Australian Gymnastic Level dan Fast Gym sendiri memiliki kelas tertinggi di level 4. Untuk kenaikan level akan dimonitor oleh para pelatih bersertifikasi dengan melihat perkembangan skill Si Kecil selama mengikuti program pelatihan.

4. STARLA Kids Gymnastics

Last but not least, ada STARLA Kids Gymnastic sebagai salah satu pusat kebugaran yang berlokasi di Bandung. Tersedia kelas-kelas yang diperuntukkan bagi anak usia 2-12 tahun dan didampingi oleh pelatih yang juga seorang atlet profesional. Di setiap kelasnya, Si Kecil akan diarahkan untuk bisa melakukan gerakan yang melatih motorik kasar dan memaksimalkan tumbuh kembangnya, termasuk untuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Para gymnast di sini juga aktif mengikuti kompetisi di dalam dan luar negeri cabang artistic dan rhythmic.

Mengikuti kelas gymnastic bisa akan membantu stimulasi koordinasi motorik kasar Si Kecil. Tubuhnya pun akan memiliki kesadaran dalam mengontrol dan menyeimbangkan setiap anggota tubuh saat bergerak. Keberadaan pelatih juga akan membantu anak untuk berkonsentrasi dalam setiap gerakan dan tetap merasa aman saat melakukannya. Bukan tidak mungkin aktivitas ini menjadi pintu buat anak menjadi atlet senam gymnastic di masa depan. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Karlyukav/Freepik)