Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Periksakan Secara Teratur, Ini 7 Tanda Janin Sehat Trimester 1

Periksakan Secara Teratur, Ini 7 Tanda Janin Sehat Trimester 1

Mengetahui tanda-tanda janin sehat di trimester 1 bisa membuat seorang ibu hamil merasa lebih lega. Meski semua periode kehamilan sama pentingnya, trimester 1 merupakan masa kehamilan yang paling krusial. Kesehatan janin di trimester 1 memengaruhi kesehatan janin di usia kehamilan berikutnya. Inilah sebabnya Moms harus memeriksakan kehamilan secara berkala untuk memastikan tumbuh kembang janin berjalan optimal.

Saat melakukan pemeriksaan kehamilan, Moms dapat mengetahui tumbuh kembang janin di setiap tahapan usia kehamilan. Bukan hanya ukuran janin yang bertambah besar, ada sejumlah tanda janin sehat yang perlu Anda perhatikan di trimester 1. Simak artikel berikut untuk mengetahui apa saja tanda-tanda janin sehat trimester 1.

1. Denyut jantung terdeteksi

Umumnya denyut jantung janin akan mulai terdeteksi di usia kehamilan 5 minggu. Idealnya denyut jantung janin di trimester 1 adalah 90-170 per menit. Denyut jantung janin bisa terdeteksi dengan pemeriksaan USG. Di awal masa kehamilan, Anda mungkin perlu melakukan USG transvaginal untuk mendeteksi denyut jantung janin.

2. Bertambahnya berat badan janin

Selain memantau detak jantung janin, USG juga bisa dilakukan untuk mengetahui perkembangan berat badan janin. Sepanjang trimester 1, berat badan janin yang sehat akan bertambah sebanyak 680-900 gram. Anda perlu waspada saat berat badan janin tidak bertambah sesuai dengan usianya. Konsultasikan dengan dokter cara untuk menambah berat badan janin.

3. Pertumbuhan organ yang sehat

Bukan hanya berat badan yang bertambah, sejak trimester 1, beberapa organ vital janin juga sudah mulai berkembang. Organ tubuh seperti jantung, otak, tulang belakang, serta tangan dan kaki janin perlu diperhatikan pertumbuhannya. Di periode kehamilan ini juga Moms bisa mendeteksi dini bila ada kelainan organ tubuh yang terjadi pada janin.

4. Meningkatnya hormon kehamilan

Janin sehat juga ditandai dengan terjadinya peningkatan hormon kehamilan. Hormon kehamilan hCG (Human Chorionic Gonadotropin) akan meningkat di akhir trimester 1 dan kemudian akan kembali menurun secara bertahap di akhir masa kehamilan. Meningkatnya hormon hCG inilah yang sering kali membuat ibu hamil muda mengalami mual muntah, terutama di pagi hari.

5. Bertambahnya berat badan ibu hamil

Tak hanya berat badan janin yang bertambah, berat badan bumil juga akan bertambah sejak masa awal kehamilan. Selain rahim yang makin membesar, air ketuban juga membuat berat badan bumil makin bertambah. Di trimester 1 ini, idealnya berat badan bumil akan bertambah 0,5-2,0 kilogram.

6. Normalnya tekanan darah dan gula darah ibu hamil

Kondisi kesehatan bumil juga bisa menjadi parameter kesehatan janin di dalam kandungan. Bila Moms dalam keadaan sehat, maka kesehatan janin di dalam kandungan pun akan terjaga. Pastikan Anda memeriksakan kesehatan Anda seperti tekanan darah dan kadar gula darah Anda secara berkala ya, Moms.

7. Tidak terjadi gangguan kesehatan 

Keluar flek di masa awal kehamilan memang wajar terjadi sebagai proses penempelan janin di rahim. Namun, bila Anda mengalami keluarnya flek yang terus-menerus dan dalam jumlah banyak disertai dengan sakit perut, muntah, atau diare, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Nah, itulah 7 tanda janin sehat trimester 1 yang perlu Moms ketahui. Untuk menjaga agar janin tetap sehat hingga waktu persalinan tiba, Moms sebaiknya memeriksakan kandungan secara berkala dan menerapkan gaya hidup sehat. (M&B/RF/Foto: Freepik)