Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bye-bye Kulit Belang! Ini 8 Cara Meratakan Warna Kulit Wajah

Bye-bye Kulit Belang! Ini 8 Cara Meratakan Warna Kulit Wajah

Moms, seperti apa sih definisi kulit idaman versi Anda? Mungkin bukan hanya cerah, glowing, dan bebas jerawat, tentunya memiliki warna kulit yang merata tak luput dari keinginan kita. Namun, nyatanya tak sedikit wanita justru memiliki warna kulit yang tidak merata.

Melansir Medical News Today, warna kulit yang tidak merata merujuk pada masalah tekstur, kulit bercak-bercak, kemerahan pada wajah, dan hipopigmentasi (area kulit lebih terang daripada area lainnya) atau hiperpigmentasi (area kulit lebih gelap daripada area lainnya).

Beberapa hal yang menyebabkan warna kulit tidak merata antara lain paparan sinar matahari, jerawat dan bekas jerawat, perubahan hormon, penuaan, dan masalah kulit. Jika Moms mengalaminya, berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk meratakan warna kulit wajah.

1. Batasi paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa menyebabkan warna kulit tidak merata. Saat kulit menyerap terlalu banyak sinar UV yang berbahaya, kulit akan memproduksi melanin secara berlebihan dan menghasilkan warna kulit yang tidak merata dan bintik hitam. Nah, sinar UV akan merusak sel-sel kulit dan mempercepat penuaan kulit. Karena itu, penting buat Moms untuk mengoleskan tabir surya atau sunscreen dengan SPF 30, atau lebih tinggi, setiap hari untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

2. Pastikan kulit terhidrasi

Kulit kering dan kasar membuat warna kulit tampak kusam dan tidak merata. Untuk itu, Moms perlu menjaga kesehatan kulit Anda dengan memastikan tubuh terhidrasi. Biasakan minum setidaknya 8 gelas air per hari agar tetap terhidrasi. Selain itu, Moms bisa mengoleskan losion pelembap ke wajah dan tubuh untuk mengunci kelembapan kulit dan memperkuat lapisan kulit.

3. Lakukan eksfoliasi

Penumpukan sel kulit mati bisa menyebabkan warna kulit tidak merata. Karenanya, melakukan eksfoliasi kulit secara teratur menggunakan scrub wajah yang lembut merupakan cara efektif untuk menghilangkan sel kulit mati dan membuat penampilan kulit sehat dan berseri. Saat lapisan atas sel kulit mati dan kusam terangkat, sel kulit baru akan bergerak ke atas ke permukaan kulit, sehingga kulit Anda pun akan tampak lebih merata dan cerah.

4. Coba facial wajah

Facial wajah merupakan salah satu perawatan yang bisa Moms lakukan untuk meratakan warna kulit wajah. Tak selalu dilakukan di salon atau pergi ke dokter kulit maupun ahli kecantikan, Anda juga bisa melakukan facial di rumah untuk meratakan warna kulit wajah dengan memanfaatkan beberapa bahan alami, seperti kombinasi cuka sari apel dan perasan bawang bombai yang dipercaya mampu mencerahkan bintik hitam, atau bawang putih yang dipercaya bisa membuat kulit lebih cerah dan alami.

5. Manfaatkan vitamin C

Vitamin C tak hanya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung kesehatan mata, tapi juga punya manfaat baik untuk kesehatan kulit. Mengoleskan vitamin C secara topikal (dalam bentuk serum atau pelembap) juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah, mengurangi tampilan hiperpigmentasi secara nyata, dan menyegarkan tampilan kulit yang kusam.

6. Konsumsi makanan sehat

Untuk meratakan warna kulit, Moms tidak hanya bisa melakukan perawatan topikal, Anda juga perlu melakukan perawatan dari dalam, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat, misalnya teh hijau yang mengandung antioksidan tinggi yang mampu memperbaiki warna dan kualitas kulit Anda.

Anda juga bisa mengonsumsi tuna, salmon, dan makanan laut lainnya yang kaya asam lemak sehat dan omega-3, yang disinyalir bisa membantu mencegah hiperpigmentasi dan memungkinkan tubuh memperbaiki kerusakan pada kulit.

7. Olahraga secara teratur 

Cara alami untuk mendapatkan kulit sehat, cerah, dan warna kulit merata adalah dengan berolahraga secara teratur, karena olahraga dapat memperlancar peredaran darah, sehingga kulit mendapatkan oksigen untuk menutrisi sel-sel kulit.

8. Mencoba perawatan medis

Jika masalah warna kulit tidak merata tidak teratasi dengan langkah-langkah di atas, mungkin saatnya Anda untuk menghubungi tenaga profesional. Dokter kulit bersertifikat dapat membantu menentukan penyebab mendasar dari kondisi Anda dan merekomendasikan rencana perawatan yang tepat sasaran. Beberapa prosedur yang umum dilakukan di antaranya adalah laser wajah, mikrodermabrasi, dan chemical peeling.

So, say bye-bye to kulit belang! Anda tertarik untuk mencoba cara yang mana, Moms? (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)