Tokopedia dan ShopTokopedia, melalui perhelatan ShopTokopedia & Tokopedia Summit (15/01/2025) di Jakarta, menyatakan, transaksi penjual yang berpromosi melalui live streaming di TikTok mengalami kenaikan signifikan, yaitu rata-rata 30 kali lipat.
Melihat tren positif ini, Tokopedia dan ShopTokopedia berupaya mengajak sebanyak-banyaknya pelaku usaha memanfaatkan fitur LIVE atau live streaming di TikTok untuk meningkatkan transaksi perdagangan daring sekaligus perekonomian di Indonesia.
“Kita berada di era discovery e-commerce di mana konten promosi berupa video, baik short video maupun live streaming, bisa memberikan pengalaman lebih menarik dan akhirnya memengaruhi keputusan seseorang dalam membeli. Demi membantu pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM, memajukan dan mengembangkan bisnis serta mencapai lebih di era ini, kami mendorong penjual untuk memanfaatkan short video hingga live streaming dalam hal promosi,” jelas Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto.
Melissa menambahkan, “ShopTokopedia & Tokopedia Summit menandai sinergi kami yang makin kuat, terutama dalam memberdayakan pelaku usaha dan kreator untuk memajukan perekonomian Tanah Air. Berkat sinergi yang makin kuat, layanan kami sudah bisa dijangkau oleh lebih dari 200 juta pengguna yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Artinya, jutaan penjual di platform kami punya potensi yang sangat besar untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan lewat jangkauan pengguna kami”.
Salah satu pembicara kunci yang juga menghadiri ShopTokopedia & Tokopedia Summit, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Iqbal Shoffan Shofwan, M.Si. mengatakan, “Pelaku usaha adalah motor penggerak ekonomi. Integrasi yang kuat antar berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk membawa pelaku usaha kita naik kelas.”
“Kami sangat mengapresiasi penyelenggaraan ShopTokopedia & Tokopedia Summit, yang memberikan pemahaman komprehensif bagi pelaku usaha dan juga kreator, untuk makin relevan dengan perkembangan era digital yang begitu pesat. Upaya ini diharapkan bisa makin memperkaya keterampilan pelaku usaha, mempercepat laju pertumbuhan usaha, dan mewujudkan ekonomi nasional yang kuat, inklusif, dan berkelanjutan,"tambah Iqbal.
Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia bawa dampak positif bagi UMKM
Sinergi yang makin kuat antara Tokopedia dan ShopTokopedia melahirkan banyak inisiatif kolaboratif yang membawa berbagai dampak positif. Sinergi tersebut juga membawa kenaikan transaksi yang signifikan.
“Platform, pelaku usaha, media, kreator, pemerintah, dan mitra strategis lain, sama-sama menyumbang kontribusi yang signifikan terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, khususnya lewat platform digital Tokopedia dan ShopTokopedia,” kata Melissa.
Tokopedia dan ShopTokopedia hadirkan ekosistem lebih kuat bersama TikTok
Bersama TikTok, Tokopedia dan ShopTokopedia menciptakan ekosistem baru yang lebih kuat dan lebih berdampak. Kekuatan penemuan TikTok berupa sistem rekomendasi terpersonalisasi, konten autentik, dan dukungan komunitas yang kuat, dapat dimanfaatkan oleh penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mencapai lebih.
“Kami akan terus memperkuat sinergi untuk membawa lebih banyak dampak positif bagi Indonesia, baik melalui inovasi, seperti pusat penjual terintegrasi, program afiliasi, dan solusi pemasaran yang lebih menguntungkan, maupun kampanye untuk mendorong kemajuan pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM,” tutup Melissa. (M&B/SW/Foto: Dok. Tokopedia)