Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Diabetes Saat Hamil

Diabetes Saat Hamil

Sebagai kaum hawa, Anda perlu mengenali gejala diabetes yang dapat menyerang siapa saja, terutama jenis diabetes gestasional yang dapat berkembang selama kehamilan. Faktor keturunan dan gaya hidup merupakan hal umum penyebab diabetes.

 

Biasanya bumil yang mengidap diabetes adalah yang mengalami obesitas dan sudah tidak lagi berusia muda. Meskipun begitu, semua ibu hamil tetap perlu menjaga kadar gula harian agar terhindar dari diabetes, mengingat penanganan dini penyakit ini dapat membantu mencegah ataupun menurunkan terjadinya komplikasi penyakit lain yang membahayakan ibu hamil dan bayinya, seperti terjadinya tekanan darah tinggi atau pre-eklampsia.

 

Ketika seorang wanita hamil, tubuhnya pun akan membutuhkan insulin lebih banyak. Insulin sendiri adalah hormon yang mengatur produksi gula darah di dalam tubuh. Jika peningkatannya tidak terjaga dengan baik, kadar gula darah dapat berubah menjadi abnormal. Kondisi ini dikenal sebagai diabetes gestational atau diabetes pada ibu hamil.

 

Diabetes gestational terkadang tidak memperlihatkan gejala atau tanda-tanda yang jelas, kecuali jika Anda menjalani pemeriksaan kehamilan secara rutin. Namun ada beberapa gejala umum yang bisa diwaspadai, seperti lebih sering haus, mulut kering, dan mengalami infeksi berulang, termasuk sariawan. (Aulia/DT/dok.M&B)

 

BACA JUGA: Gorengan Tingkatkan Risiko Diabetes Kehamilan