Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Atasi Stres Akibat Pekerjaan

Atasi Stres Akibat Pekerjaan

Saat stres akibat pekerjaan menyerang, hal tersebut pastinya akan membuat Anda kewalahan. Stres tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena akan membuat Anda menjadi tidak produktif dan kinerja Anda di kantor jadi menurun. Dilansir dari sumber Helpguide, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan menghindari stres dalam pekerjaan.

 

Membuat Jadwal
Anda perlu menganalisis jadwal, tanggung jawab, serta rutinitas harian di kantor. Buat skala prioritas apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Untuk pekerjaan yang cukup berat, sebaiknya lakukan secepatnya agar Anda bisa sedikit bersantai setelahnya. Anda pun perlu menyeimbangkan antara waktu kerja, keluarga, aktivitas sosial, dan me time agar tidak merasa stres.

 

Jangan Berlebihan
Memaksakan diri Anda untuk bekerja lebih keras agar semuanya selesai dalam sehari hanya akan membuat Anda merasa stres. Jika Anda sudah mulai kewalahan, sebaiknya pilah pekerjaan yang mana yang harus selesai hari ini dan bisa dilakukan esok hari.

 

Datang Lebih Pagi
Walaupun hanya 10-15 menit Anda datang lebih awal ke kantor, Anda akan tetap merasakan perbedaannya. Terburu-buru ke kantor lalu menghadapi macet sambil terus-terusan melirik jam tangan malahan membuat Anda sudah stres duluan sebelum sampai kantor.

 

Rehat Sejenak
Di sela-sela jam sibuk, Anda bisa istirahat sejenak dengan cara berjalan-jalan di sekitaran kantor. Selain itu, usahakan makan siang di luar kantor. Kegiatan rehat sejenak ini dapat membuat Anda sedikit lebih rileks serta kembali semangat menghadapi tugas-tugas di kantor. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)