Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Siap Babymoon Bersama Suami

Siap Babymoon Bersama Suami

Dari pasangan selebriti Kim Kardashian dan Kanye West hingga keluarga kerajaan Kate Middleton dan Prince William pergi menikmati babymoon sebelum bersiap-siap menjalani kehidupan sebagai orangtua. Tidak hanya orang-orang terkenal, survei dari Liberty Travel dan Babycenter menunjukkan hampir 60 persen orangtua di Amerika juga melakukan perjalanan babymoon. Jika Anda sedang merencanakan untuk babymoon bersama suami dalam waktu dekat, dilansir melalui sumber Travel Channel, berikut tips yang perlu diingat.

 

Waktu yang Tepat
American College of Obstetricians and Gynecologists menganjurkan waktu terbaik untuk melakukan perjalanan adalah ketika kehamilan Anda sudah memasuki trimester kedua, yaitu sekitar 14-28 minggu. Hal ini disebabkan morning sickness yang biasa menyerang di trimester pertama tidak lagi sering terjadi dan perut hamil Anda belum terlalu besar. Jika melakukan babymoon di trimester akhir, liburan Anda akan berakhir di kamar hotel saja karena terlalu lelah dan tidak nyaman menopang perut yang sudah cukup besar.

 

Tentukan Tempat Babymoon
Pilihlah dengan bijak tempat untuk menghabiskan waktu bersama suami. Jangan memilih lokasi yang bersuhu terlalu dingin atau panas serta dekat dengan rumah sakit supaya mudah mendapatkan penanganan dokter bila terjadi sesuatu. Selain itu, pilih lokasi yang tidak jauh dari bandara atau stasiun agar Anda tidak terlalu lama menghabiskan waktu menuju lokasi babymoon.

 

Berkonsultasi ke Dokter
Sebelum babymoon, pastikan Anda mengunjungi dokter untuk berkonsultasi apa saja yang perlu dipersiapkan, obat apa saja yang harus dibawa, atau perlukah melakukan vaksin.

 

Persiapkan Secara Matang
Meski Anda mungkin malas melakukannya, tapi akan lebih baik jika mencari tahu nama, alamat, serta kontak rumah sakit terdekat dari lokasi babymoon Anda. Selain itu, jika Anda babymoon ke luar negeri, cari tahu informasi di kedutaan Indonesia apabila di tengah babymoon Anda harus segera kembali ke Indonesia. Periksa pula asuransi kesehatan Anda.

 

Pilih Maskapai Penerbangan
Memilih transportasi udara diperbolehkan asal kehamilan Anda dalam kondisi baik-baik saja. Untuk berjaga-jaga, minta surat izin terbang dari dokter serta bawa catatan medis kehamilan milik Anda. Sebelum memesan tiket pesawat, tanyakan dulu apakah mereka memperbolehkan ibu hamil terbang menggunakan jasa penerbangan mereka. Pilih tempat duduk di dekat lorong agar Anda mudah pergi ke toilet serta selalu minta air putih dan snack agar Anda tetap sehat dan hidrasi selama di perjalanan.

 

Mengendarai Mobil Pribadi
Melewati perjalanan darat memang menghabiskan dana lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan perjalanan udara. Kendati demikian, Anda harus berhenti berkendara setiap 5-6 jam sekali supaya tubuh Anda tidak kaku. Siapkan makanan dan camilan sehat serta jangan lupa menggunakan seat belt.

 

Cari Paket Ibu Hamil
Banyak daerah liburan yang memberikan paket babymoon, misalnya memberikan spa dan makanan sehat khusus ibu hamil. Cari tahu dan manfaatkan kesempatan-kesempatan tersebut agar babymoon Anda semakin menyenangkan! Selamat berlibur! (Sagar/DT/Dok. M&B)

Baca : Babymoon yang Seru & Nyaman