Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Hyperemesis Gravidarum pada Ibu Hamil

Hyperemesis Gravidarum pada Ibu Hamil

Anda mengalami mual dan muntah yang parah secara berkepanjangan? Tidak menutup kemungkinan Anda menderia hyperemesis gravidarum (HG), salah satu penyakit pada kehamilan.

 

HG adalah mual dan muntah secara berlebihan yang dapat menggangu aktivitas ibu hamil. Gejalanya mirip dengan morning sickness dan tergolong parah. Dilansir dari Mother & Baby UK, jika tidak diobati HG dapat berdampak buruk pada janin. Penyebabnya belum diketahui namun ada yang menyebutkan terjadi karena perubahan hormon.

 

Gejalanya muncul antara minggu ke 4 sampai 6 kehamilan dan memburuk pada minggu 9 sampai 13 dan berangsur-angsur pulih sekitar minggu ke 14 sampai 20. Namun sekitar 10-20 persen ibu mengalami HG sepanjang kehamilan mereka.

 

Frekuensi mual yang terlalu sering dan ekstrim adalah gejala utama penyakit ini dan kelenjar ludah memproduksi air liur lebih banyak dari biasanya. Sulit menelan karena rasa sakit juga adalah tanda Anda menderita HG. Indikasi lainnya adalah terjadi penurunan bobot badan saat hamil.

 

HG dapat diobati melalui 3 cara yaitu melalui cairan, pipa makanan (tube feeding), dan obat-obatan.

 

Kate Middleton Derita HG
HG tidak umum terjadi, namun Kate Middleton menderita penyakit ini. Saat hamil putra pertamanya, Pangeran George, Kate mengalami mual parah dan didiagnosis terkena HG dan kehilangan banyak bobot badan. Begitu pula saat mengandung Putri Charlotte Elizabeth Diana, yang lahir 2 Mei lalu. The Duchess of Cambridge ini kembali mengalami HG. Oleh karena itu, saat hamil Kate membutuhkan perawatan ekstra dengan tambahan hidrasi, obat-obatan dan nutrisi.

(Meiskhe/DT/dok.M&B UK)