Type Keyword(s) to Search
BABY

Kota Terburuk Bagi Bayi Adalah Washington

Kota Terburuk Bagi Bayi Adalah Washington

Baru-baru ini, lembaga swadaya masyarakat yang fokus menangani kesehatan dan keselamatan anak, Save the Children, merilis daftar kota terbaik dan terburuk untuk bayi. Ternyata, kota paling buruk bayi bayi adalah Washington, yang merupakan ibukota Amerika Serikat. Carolyn Miles, Direktur Eksekutif dari Save the Children AS mengatakan alasannya adalah angka kematian bayi di sana lebih tinggi daripada ibukota-ibukota lain di dunia.

 

Angka kematian bayi di Washington ada di 6,6 bayi per 1.000 kelahiran hidup. Sangat jauh dibandingkan dengan Prague, ibukota Republik Ceko yang angka kematian bayinya 1,6 per 1.000 kelahiran hidup. Hal ini sekaligus membuat Prague menjadi kota paling aman untuk bayi, berdasarkan penelitian Save the Children.

 

"Tinggi atau rendahnya angka kematian bayi di suatu kota ditunjukkan oleh tingkat kekayaan penduduknya,” jelas Carolyn. Washington bukannya merupakan kota dengan penduduk yang miskin, hanya saja ada kesenggangan cukup besar antara penduduk yang kaya dan yang miskin di kota tersebut. Contohnya, daerah Ward Eight yang hanya berjarak 6 km dari Gedung Putih memiliki risiko kematian bagi bayi 10 kali lebih besar daripada Ward Three, tempat para orang kaya bermukim. Ward Eight juga memiliki lingkungan yang tidak baik. Pengangguran, kemiskinan serta kriminalitas di daerah tersebut tinggi. Belum lagi akses serta informasi kesehatan penduduk yang minim. (OCH/ Dok. Free Digital Photos)