Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Waspada Zat Kimia Berbahaya

Waspada Zat Kimia Berbahaya
zat kimia berbahaya

Coba amati beberapa barang keperluan rumah tangga yang biasa Anda beli di toko. Apakah ada di antaranya yang mengandung zat kimia aktif tertentu? Umumnya, produk-produk pembersih perabot rumah hingga pembasmi serangga mengandung zat kimia aktif yang berbahaya. Tentu saat hamil, Anda harus ekstra hati-hati dengan menghindari kontak dengan zat-zat kimia tersebut. Berikut  beberapa hal yang harus Anda waspadai saat hamil, seperti yang dianjurkan Royal College of Obstetricians and Gynaecologist.

 

1. Hindari makanan kaleng atau makanan instan. Lebih baik Anda memasak makanan dari bahan-bahan segar dengan kualitas yang baik.

 

2. Kurangi penggunaan plastik untuk mengemas makanan.

 

3. Hindari penggunaan kosmetik atau perawatan tubuh yang mengandung zat kimia berbahaya bagi bumil, seperti pewarna rambut dan kuku.

 

4. Kurangi aktivitas membersihkan perabotan rumah tangga dengan produk-produk, seperti pembersih furnitur, pembersih alat-alat dapur, hingga pembersih toilet.

 

5. Hindari penggunaan pestisida saat Anda berkebun atau saat membasmi serangga di dalam rumah. Selain itu, pilihlah produk sayuran atau buah organik yang tidak menggunakan pestisida.

 

6. Hindari kegiatan yang berhubungan dengan bahan-bahan rekonstruksi rumah, seperti cat tembok dan lem furnitur.

 

7. Kurangi konsumsi obat-obat analgesik. Lebih baik konsultasikan keluhan Anda kepada dokter.

 

8. Waspada terhadap produk-produk berlabel 'herbal'. Cek kondisi produk dan cari tahu komposisinya. (Gita/doc.M&B)