Type Keyword(s) to Search
ARCHIVE

Mengatur Keuangan Menjelang Persalinan

Mengatur Keuangan Menjelang Persalinan
biaya persalinan

Kehamilan dan persalinan merupakan 2 momen penting kehidupan seorang wanita yang membutuhkan perencanaan keuangan matang. Biaya yang paling besar akan dibutuhkan saat kehamilan Anda memasuki trimester ketiga, yaitu menjelang dan saat persalinan. Pada trimester ini, akan ada banyak pengeluaran tambahan selain pengeluaran rutin, seperti biaya pemeriksaan kehamilan 2 mingguan, biaya USG 4 dimensi untuk mengetahui wajah Si Kecil, membeli perlengkapan bayi, dan lainnya.

 

Sebenarnya, Anda tak perlu membeli semua keperluan perlengkapan bayi pada waktu yang bersamaan. Selain bisa dicicil setelah melahirkan nanti, Anda juga akan menerima banyak kado kelahiran dari teman dan keluarga. Jadi, sebaiknya Anda beli saja kebutuhan yang paling mendasar supaya kamar Si Kecil tidak dipenuhi barang tak terpakai.

 

Anda tak perlu gengsi menerima barang-barang 'warisan', terutama untuk barang-barang yang jangka waktu pemakaiannya sebentar, tapi kualitas produknya dapat bertahan lama, seperti boks bayi, kereta bayi, dan keperluan lainnya. Mintalah pada saudara atau teman Anda yang sedang hamil, agar menyimpan baju-baju hamilnya untuk bisa diberikan kepada Anda nanti. Simpan juga baju hamil yang Anda pakai untuk bisa diberikan kepada orang lain atau untuk kehamilan Anda berikutnya.

 

Bila Anda merasa biaya pemeriksaan rutin oleh dokter kandungan cukup mahal, cari tahu tempat lain, seperti klinik kebidanan dengan syarat kesehatan Anda dan janin tetaplah yang utama.

 

Ingat! Anda masih memerlukan biaya yang paling penting, yaitu biaya persalinan Anda. Umumnya, wanita menginginkan proses persalinan yang normal. Selain biayanya lebih murah, pemulihan kondisi fisik pun berlangsung lebih cepat. Namun, bila kondisi bayi Anda tidak memungkinkan untuk dilahirkan secara normal, maka operasi Caesar menjadi solusi bijak untuk dipilih, meski membutuhkan biaya yang cukup besar. Sebaiknya, Anda menyiapkan anggaran sebesar biaya operasi Caesar untuk berjaga-jaga terhadap segala kemungkinan yang dapat terjadi. (Aulia/doc.M&B)