Type Keyword(s) to Search
ARCHIVE

Cara Menanamkan Kasih Sayang kepada Si Kecil

Cara Menanamkan Kasih Sayang kepada Si Kecil
Moms, tentunya Anda akan merasa bahagia jika memiliki anak yang sikapnya baik, penuh kasih sayang dan menghargai orang lain. Untuk mendapatkan anak seperti itu, kuncinya ada pada Anda sebagai orangtua.
 

Menurut Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPed, psikolog anak, orang tua perlu menerapkan pola asuh dengan penuh kasih sayang kepada anaknya sejak dini. "Orang tua harus menjadi contoh," ujar Rosdiana dalam talk show Kasih Sayang & Pola Asuh Anak bersama Sleek Baby dalam gelaran M&B Fair di Bandung, 15 Agustus 2015.
 

Banyak hal yang bisa dilakukan orangtua untuk memberi contoh kepada anak. Pertama, dengan menjaga hubungan harmonis antara ayah dan ibu. Jika dalam keluarga kedua orangtua tetap mesra, maka anak bertumbuh dalam keluarga yang mengenal cinta.
 

Kedua, hindari membanding-bandingkan anak dengan orang lain. Dengan demikian ia akan menghargai dirinya dan menghargai orang lain. "Seorang anak harus bisa menghargai diri sebelum menghargai orang lain," kata pengasuh rubrik Dear Diana di majalah Mother&Baby Indonesia ini.
 

Ketiga adalah mengajarkannya berbagai bentuk kasih sayang misalnya berempati, berbagi dan menolong orang lain. Orangtua dapat terlibat dengan kegiatan nyata dengan mengajak Si Kecil ikut serta seperti membantu anak yang berkekurangan, misalnya menyumbang ke panti asuhan, sehingga anak dapat belajar untuk berbagi kepada orang lain.
 

Keempat adalah dengan menyediakan waktu lebih banyak bersama dengan anak seperti bermain bersama, menonton ataupun membaca. Dengan demikian kasih sayang antara orangtua dan anak akan semakin erat. (Meiskhe/SR/dok.MB)