Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Apa itu Kehamilan Postmatur?

Apa itu Kehamilan Postmatur?

Kehamilan postmatur merupakan masa kehamilan yang terjadi selama lebih dari 42 minggu. Kelahiran pada kasus seperti ini disebut sebagai kelahiran post maturitas atau lewat waktu. Untuk mengetahui kehamilan postmatur dapat dilihat dari usia kehamilannya yang ditentukan sejak hari pertama pada haid terakhir dari calon ibu. Gunakan perhitungan itu untuk mengetahui waktu tepat kelahiran Anda. Jika belum tahu, dapat dilihat dengan pengecekan melalui USG.

 

Lantas, apa saja faktor penyebab kehamilan postmatur? Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan kehamilan postmatur menurut dr. Wiku Andonotopo, Sp.OG(K)FM

1. Diabetes. Jika dalam kandungan kadar gula tinggi, dapat menyebabkan hormon janin pun menjadi tidak matang. Sehingga dapat menyebabkan kelahiran lewat waktu.

2. Cacat bawaan pada janin. Jika calon bayi membawa cacat bawaan seperti tanpa tempurung kepala (anensefali) yang menyebabkan jaringan otak tidak berfungsi dengan baik, akan menghambat dalam mengkoordinir ibunya untuk merasakan kontraksi saar mature.

 

(dok.M&B)