Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Kehamilan Postmatur, Apa Dampaknya?

Kehamilan Postmatur, Apa Dampaknya?

Mengalami kehamilan postmatur atau lewat waktu akan memberikan dampak yang kurang baik bagi bayi Anda. Apa saja dampaknya?

 

1. Penurunan fungsi ketuban. Jika calon bayi terlalu lama di dalam perut ibunya, ketuban akan semakin berkurang atau bahkan dapat habis.
2. Penurunan fungsi produksi ari-ari. Dengan kehamilan lewat bulan, ari-ari dapat mengalami penuaan secara alami dan dapat menimbun kalsium yang tidak baik bagi bayi. Selain itu karena ari-ari sudah tidak berfungsi dengan baik, proses aliran darahnya pun tidak sempurna.
3. Saat lahir, rambut sudah tumbuh agak lebat, kulit bayi menjadi keriput dan kemungkinan jika terlalu lama sudah mengeluarkan mekonium di dalam kandungan. Mekonium atau kotoran tubuh ini dapat membuat tubuh bayi menjadi terlihat kuning kehijauan karena terendam saat masih di dalam kandungan.
4. Apabila sampai menyebabkan tali pusat tergencet karena air ketuban yang habis, dapat berakibat fatal bagi calon bayi.

 

Bagaimana mencegahnya?

Yang paling penting untuk mencegah kehamilan postmatur adalah dengan mengetahui secara tepat kapan waktu Anda seharusnya melahirkan. Hitungan dimulai dari hari pertama pada saat haid terakhir Anda, atau lebih tepatnya cek melalui USG. Jika memang bayi belum dapat lahir secara normal sesuai waktunya, dokter dapat langsung melakukan tindakan lebih lanjut seperti induksi jika memungkinkan untuk lahir normal ataupun dengan operasi caecar.