Type Keyword(s) to Search
BABY

Mengurangi Risiko SIDS

Mengurangi Risiko SIDS

Risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian mendadak pada bayi semakin meningkat. Kejadian ini biasanya menimpa bayi usia 1 bulan hingga 1 tahun, tanpa bisa diketahui penyebabnya. Untuk mengurangi risiko atau mencegah SIDS terjadi pada bayi Anda, lakukan langkah-langkah berikut ini.

 

 

  • Saat tidur, letakkan bayi pada posisi telentang. Posisi ini dinyatakan paling aman untuk mencegah terjadinya SIDS, dibandingkan posisi tengkurap atau menyamping. Selain itu, jangan letakkan terlalu banyak perlengkapan, seperti bantal, guling, atau boneka di dalam boks, karena dapat membuat Si Bayi terjebak dan sulit bernapas, terutama jika ia sudah aktif bergerak.

 

  • Pastikan wajah Si Bayi terbebas dari apapun saat sedang tidur. Gunakan matras yang bersih sebagai alas tidurnya dan pastikan ia tidur dengan posisi yang aman, serta nyaman. Jangan lupa untuk selalu memeriksa bayi setiap beberapa jam sekali untuk memastikan kondisinya baik-baik saja.

 

  • Orangtua yang aktif merokok di masa kehamilan dan setelah bayi dilahirkan ternyata dapat meningkatkan risiko SIDS terhadap bayinya. Begitu pula dengan asap rokok yang mengenai bayi di manapun ia berada. Oleh karena itu, jauhkan bayi dari gangguan asap rokok, baik saat sedang berada di dalam rumah, mobil, dan tempat umum. (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)