Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Normalkah Kelelahan saat Hamil?

Normalkah Kelelahan saat Hamil?

Kelelahan selama hamil trimester pertama ternyata wajar dialami bumil. Kelelahan tersebut juga bisa menjadi salah satu 'petunjuk' bahwa wanita mungkin saja hamil, selain gejala muntah atau sering buang air kecil. Namun di trimester ke-2, kondisi tubuh Anda biasanya akan normal kembali. Jika Anda masih merasa kelelahan pada beberapa minggu pertama trimester ke-2 atau khawatir ada sesuatu yang salah pada kehamilan, konsultasikanlah ke dokter kandungan Anda.

 

Memasuki trimester ke-3, energi Anda umumnya mulai tersedot lagi. Pada saat ini, bobot Anda sudah 75 persen dari total kenaikan bobot tubuh sepanjang hamil. Anda juga akan kesulitan tidur untuk berbagai macam alasan, seperti sakit punggung, tidak bisa menemukan posisi yang enak, kram kaki, janin aktif di malam hari, kembung, dan sering buang air. 

 

Tetapi perlu diingat, setiap kehamilan itu berbeda-beda. Ada sebagian wanita yang merasa kelelahan sepanjang 9 bulan, tetapi perlu dipastikan pula bahwa Anda tidak menderita anemia atau depresi. Apabila ternyata Anda memiliki masalah depresi atau kecemasan, dokter kandungan dapat memberikan solusi profesional tentang perawatan kesehatan mental. (FR/Aulia/DC/Dok. M&B)