Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Inilah Penyebab Anda Sering Letih saat Hamil

Inilah Penyebab Anda Sering Letih saat Hamil

Pernahkah Anda merasa cepat sekali lelah, terutama ketika mengandung? Rasanya setiap hari seperti habis berlari maraton. Apakah hamil memang bisa membuat lelah?

 

Ternyata, kelelahan selama trimester pertama adalah wajar. Bahkan kelelahan bisa menjadi salah satu “petunjuk” bahwa seseorang mungkin saja hamil, selain gejala muntah atau sering buang air kecil. Pada saat hamil, tubuh Anda bereaksi dan bekerja untuk mempersiapkan “rumah” yang kondusif bagi Si Janin. Karena sel-sel dan organ bekerja ekstra, Anda merasa begitu lelah.

 

Perubahan hormon, khususnya peningkatan progesteron, turut menyumbang faktor mengapa Anda selalu ingin mencari sofa dan berbaring. Yang membuatnya jadi parah adalah pada masa ini, Anda sulit mendapat tidur berkualitas. Belum lagi Anda akan sibuk mondar-mandir untuk buang air kecil. Mual dan muntah juga akan menyedot energi Anda karena makanan dan minuman yang masuk akan keluar lagi.

 

Secara mental, kekhawatiran juga membuat Anda cepat lelah. Belum lagi pertanyaan-pertanyaan di benak Anda soal kesehatan Si Janin, kesiapan Anda menjadi ibu, dampak anak pada kondisi finansial dan karier, ini mengurangi kenikmatan Anda sebagai bumil. Pada akhirnya, Anda capek dari ujung rambut sampai ujung kaki. (OCH/Dok. M&B UK)