Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Vitamin D Penting untuk Bumil

Vitamin D Penting untuk Bumil

Tahukah Anda bahwa konsumsi vitamin D semasa kehamilan tidak hanya  membantu penyerapan kalsium yang penting untuk pembentukan tulang, tetapi juga dapat meningkatkan kecerdasan Si Anak kelak?

 

Sebagian besar vitamin D yang Anda butuhkan bisa didapat dari sinar matahari. Hal ini tentu sangat mudah mengingat Indonesia adalah negara tropis yang paparan sinar mataharinya ada sepanjang tahun. Tak perlu berlama-lama, cukup berjemur selama 10 menit, antara pukul 06.00-09.00 pagi. Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan sehari-hari, seperti ikan, udang, susu, sereal, telur, dan jamur.

 


Kebutuhan vitamin D pada orang dewasa sebanyak 100-300 IU. Namun, untuk ibu hamil,  jumlah yang dibutuhkan masih dalam perdebatan. The Institute of Medicine merekomendasikan konsumsi vitamin D sebanyak 600 IU per hari dan maksimal, 4.000 IU per hari. Sementara Dr. Eva Morales, peneliti dari Center of Research in Environmental Epidemiology, Barcelona, mengatakan bahwa kebutuhan vitamin D ibu hamil mencapai 1.820 IU, berbeda dengan Bruce Hollis, Direktur Ilmu Gizi Anak Medical University of South Carolina di Charleston yang merekomendasikan konsumsinya, 4.000 IU per hari. (Gita/DMO/Dok. M&B)