Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Kesehatan Gigi dan Gusi Bumil

Kesehatan Gigi dan Gusi Bumil

Jangan anggap remeh jika Anda mengalami sakit gigi dan sariawan saat hamil! Ya, kesehatan gigi dan mulut dapat berdampak pada kesehatan bumil dan janin yang dikandung. Para peneliti membuktikan, masalah gigi dan mulut bisa memengaruhi kesehatan bayi, seperti berat badan bayi lahir rendah, kelahiran prematur, hingga kerentanan Anda terhadap penyakit.

 

Lantas, bagaimana cara merawat gigi dan gusi saat hamil?

1.  Gunakan sikat gigi yang lembut dengan ukuran yang sesuai.

2.  Jika Anda sering muntah dan mengeluarkan air liur, berkumurlah dengan air hangat yang dibubuhi garam secukupnya. Berkumur dengan air hangat dapat bermanfaat untuk membersihkan sisa makanan pada gigi.

3.  Pilih pasta gigi yang tidak merangsang timbulnya alergi, terutama untuk gusi yang sensitif, dan yang bisa menciptakan sensasi kesegaran rongga mulut, sehingga Anda tidak mudah mual.

4.  Sikatlah gigi secara benar. Gerakkan sikat secara melingkar di sela gigi. Gosok gigi minimal 2 kali sehari, sebelum dan setelah tidur. Bila perlu, setelah makan.

5.  Bila gangguan kesehatan mulut perlu menggunakan obat kumur, perhatikan label pada kemasan tentang keterangan kontraindikasi untuk bumil. Bila perlu, berkonsultasilah dengan dokter gigi Anda.

6.  Konsumsi buah-buahan berserat yang banyak mengandung vitamin C dan B12 yang bermanfaat untuk kesehatan gusi.

7.  Penuhi kebutuhan kalsium sesuai dengan anjuran dokter. Kalsium bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan alami tinggi kalsium dan vitamin D.

8.  Kurangi konsumsi makanan yang terlalu manis dan asam, karena dapat menyebabkan karies gigi. (Gita/DMO/Dok. M&B)