Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ibu Menyusui Berpuasa?

Ibu Menyusui Berpuasa?

Puasa Ramadan segera tiba, setiap umat muslim wajib menjalankannya. Bagi Anda yang sedang menyusui, berpuasa di masa ini memang bukanlah hal yang diwajibkan. Namun, bila Anda ingin tetap menjalankannya, berikut ini adalah anjuran dr. Utami Roesli, Sp.A., IBLCL, FABM.

 

1.  Bila Anda memiliki bayi berusia 0-6 bulan dan masih dalam masa ASI ekslusif, sebaiknya Anda tidak mengikuti ritual puasa Ramadan. Hal tersebut dilakukan mengingat Si Kecil masih membutuhkan banyak asupan dari tubuh Anda. Untuk mengganti puasa tersebut, dr. Utami menganjurkan untuk membayar fidyah, yaitu sejumlah beban berupa materi yang dapat Anda tanggung untuk membayar puasa bulan Ramadan.

 

2.  Bila Si Kecil telah lulus ASI eksklusif, Anda pun sudah lebih 'aman'  menjalani puasa, karena Si Kecil sudah mulai menyantap MPASI. Pada masa ini, perhatikan pola makan Anda. Santap pagi Anda dapat dilakukan saat sahur, sementara santap siang Anda dilakukan saat berbuka puasa, serta santap malam bisa dilakukan sekitar 1 jam sebelum istirahat malam.

 

3.  Saat Anda terlelap, dr. Utami menganjurkan Anda untuk menyediakan 1-2 gelas air minum di kamar tidur. Saat Anda haus di malam hari saat menyusui, Anda bisa mengasup air mineral tersebut tanpa harus repot pergi mencari air minum, sehingga Anda pun tidak mudah kekurangan cairan tubuh. (Gita/DMO/Dok. M&B)