Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Romantisme Lembah Kastil Loire Valley di Perancis

Romantisme Lembah Kastil Loire Valley di Perancis

Tahun lalu, tepat di bulan Februari, salah satu mom pembaca Mother&Baby, Icha, bersama Si Kecil, Anela Kaylea, 4, melakukan educational travel ke Paris. Kota yang terkenal romantis ini semakin hangat dengan dekorasi Valentine di seluruh penjuru kota!

 

Jika berkunjung ke Paris, tempat yang wajib Anda kunjungi adalah Loire Valley, sebuah lembah di dekat Kota Paris yang terkenal oleh kastil-kastil negeri dongengnya. Perjalanan ditempuh dalam waktu 1 jam 50 menit. Anda disarankan menyewa mobil, dibanding menaiki bus atau kereta api, karena jarak antara stasiun atau terminal sangat jauh.

 

Walaupun udara Februari masih dingin, semua itu terbayar ketika menatap padang salju luas lengkap dengan sungai yang mengalir di antara kebun-kebun anggur, dan 300 kastil yang terhampar di antaranya. Hebatnya, di sini Anda diperbolehkan berkunjung ke 60 kastil. Namun ada 4 kastil terbaik, yaitu Chambord, Blois, Chenonceau, dan D'Usse yang tidak boleh Anda lewatkan!

 

Kastil Chambord
Kastil Chambord adalah salah satu kastil terbesar di Perancis. Dibangun oleh Francis I, kastil ini dikelilingi ratusan hektar hutan tempat berburu Sang Raja. Desain orisinil kastil ini dibuat oleh Domenico da Cortona dan Leonardo da Vinci.

 

Leonardo da Vinci mendesain tangga yang sangat modern, padahal kastil ini dibangun pada 1511-1547. Diceritakan bahwa Leonardo da Vinci diminta untuk tinggal di Chambord untuk menemani Sang Raja, karena Raja menganggap Leonardo sebagai ayahnya.

 

Kastil Blois
Jika Kastil Chambord yang berukuran raksasa, punya lahan sendiri, Kastil Blois terletak di tengah Kota Loir-et-Cher. Kastil ini memiliki nilai historis yang sangat tinggi, karena di sinilah Jeanne d'Arc (atau Joan of Arc) diberkati oleh Uskup dari Reims sebelum berangkat membawa pasukannya mengusir tentara Inggris dari daerah Orleans.

 

Kastil cantik ini memiliki 564 ruangan, 75 tangga, serta 100 kamar tidur. Lokasinya yang terletak di atas tebing kota memberikan pemandangan yang sangat menakjubkan. Blois diklasifikasikan sebagai Museum of France, dengan 35.000 koleksi seni.

 

Di sini, Si Kecil juga bisa menyaksikan pertunjukkan Sound and Light saat senja. Pertunjukan ini menampilkan kisah cinta, drama, misteri, serta sejarah dari Kastil Blois.

 

Kastil Chenonceau
Bagi yang sering menonton acara wisata, pasti familiar dengan Kastil Chenonceau yang sebagian dibangun di atas Sungai Cher, di dekat desa kecil Chenonceaux, Indre-et-Loire. Kastil ini dibangun oleh keluarga Marques, namun di kemudian hari menjadi tempat kediaman favorit janda raja Henry II, Catherine de'Medici. Ratu Catherine sangat senang mengadakan pesta dan perjamuan mewah di kastil ini.

 

Kastil D'Usse
Kastil D'Usse menjadi inspirasi pendongeng tersohor dari Perancis, Charles Perrault, untuk menciptakan Sleeping Beauty. Di dalam kastil ini terdapat diorama-diorama seukuran manusia memperagakan kisah Aurora, 3 peri pelindung, Maleficent, dan alat pemintal yang dikutuk. Keluarga Blacas adalah pemilik kastil yang masih menempati Chateau d'Usse sampai saat ini. (FK/Sagar/DC/Dok. Pribadi)