Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Panen Lavender di Provence, Perancis

Panen Lavender di Provence, Perancis

Banyak lukisan, film, dan iklan yang mengangkat keindahan daerah Provence di Perancis, yang terkenal dengan ladang bunga lavendernya. Salah satu mom pembaca Mother&Baby, Icha, pun tidak ingin ketinggalan merasakan panen bunga lavender bersama Si Kecil, Anela Kaylea, 4.

 

Indah di Sepanjang Jalan
Sebaiknya, kunjungi daerah Provence di awal Agustus, ketika lavender sedang berbunga dengan lebatnya. Untuk menuju ke sana, Anda dapat memulai perjalanan darat dari Paris menggunakan mobil. Pilih kota Avignon sebagai base camp Anda, sebab kota ini terletak di tengah ladang lavender. Perjalanan yang ditempuh sekitar 7 jam, jadi Anda harus menyiapkan banyak camilan dan mainan agar Si Kecil tidak bosan.

 

Pilihlah Lavender Route untuk dilewati, yaitu jalur ladang lavender di Perancis yang terbentang dari Drome sampai ke daerah pegunungan Alpes-Maritimes, melalui Hautes-Alpes, the Vaucluse, dan the Alpes-de-Haute-Provence. Jalur ini merupakan salah satu dari jalur perjalanan dengan pemandangan terindah di dunia.

 

Selain Avignon, Anda juga dapat mencoba untuk menginap di daerah Aix-en-Provence atau Orange. Sangat disarankan untuk menginap di vila atau rumah-rumah peduduk yang disewakan sebagai bed&breakfast, agar Si Kecil dapat merasakan kehidupan pedesaan yang damai dan tenang.

 

Hamparan Karpet Ungu
Kunjungi Sault, kota utama penghasil lavender yang berjarak 30 menit dari Avignon. Setiap Agustus, Kota Sault mengadakan Festival Lavender. Seluruh kota berwarna ungu lavender. Ada tarian, nyanyian, pasar yang menjual hasil kerajinan tangan penduduk, dan berbagai hasil pengolahan bunga lavender.

 

Datang dari pagi dan ikut serta dengan para penduduk untuk memetik lavender di ladang. Setelah itu, cicipi es krim lavender atau lavender ice tea. Jika Anda ingin mengajak Si Kecil mengetahui bagaimana cara penyulingan minyak lavender, datang ke Lavender Museum yang dapat Anda temukan dalam perjalanan dari Avignon menuju Sault.

 

Di museum ini, dijelaskan secara lengkap cara menanam, memelihara, memanen, dan menyuling lavender. Selain itu, akan dijelaskan juga mengenai jenis lavender dan kegunaannya. (FK/Sagar/DC/Dok. Google, Mother&Baby)