Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Tingkatkan Bonding Ibu dan Janin

Tingkatkan Bonding Ibu dan Janin

Ikatan kasih antara ibu dan anak memang begitu kuat, bahkan telah dimulai sejak anak masih berada di dalam kandungan ibu. Oleh karenanya, Anda dapat meningkatkan bonding dengan Si Kecil sejak Anda mengandung. Berikut, beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti dilansir dari www.babble.com.

 

1.  Pijat perut

Pijat perut secara perlahan dengan minyak kelapa alami atau minyak zaitun sekali dalam sehari. Dengan pijatan ini, selain kulit Anda menjadi lembut, Anda pun bisa mengetahui perkembangan Si Kecil.

 

2.  Bicara pada calon bayi

Bicara pada janin Anda mungkin terdengar lucu. Namun menurut penelitian, bicara pada calon bayi Anda ini akan meningkatkan kinerja pertumbuhan organ pendengarannya. Saat Si Kecil lahir, ia pun sudah lebih hafal suara ibunya. Hebat, kan?

 

3.  Merespons 'tendangan' Si Kecil

Merespons gerakan-gerakan Si Kecil, termasuk 'tendangannya' dengan kata-kata dan senyuman sambil memegang perut Anda, merupakan kegiatan menyenangkan. Komunikasi ini adalah jalinan 2 arah yang baik bagi pertumbuhan otaknya.

 

4.  Buat buku harian

Membuat catatan harian dalam buku khusus merupakan salah satu cara untuk bisa selalu berhubungan dengan Si Kecil, dari sebelum ia dilahirkan hingga besar nanti.

 

5.  Bermeditasi bersama

Bentuk meditasi, seperti yoga, berdoa, atau salat sambil memikirkan hal yang membahagiakan adalah cara-cara meningkatkan kadar hormon 'bahagia' Anda dengan Si Kecil. Dengan bermeditasi, Si Kecil pun akan lebih tenang dan nyaman di dalam rahim Anda.

 

6.  Memberi nama panggilan

Memberikan nama panggilan untuk Si Kecil, misalnya “Upik” atau “Abang”, akan meningkatkan rasa sayang Anda pada Si Kecil, begitu pula sebaliknya. Walaupun nantinya, nama tersebut belum tentu Anda gunakan untuk memanggil Si Kecil.

 

7.  Bernyanyi, mendengarkan, atau bermain musik

Bernyanyi atau bermain musik ternyata bisa menenangkan calon bayi Anda. Selain itu, senandung lagu juga bisa meningkatkan kecerdasannya.

 

8.  Foto kehamilan

Mengabadikan kehamilan Anda dari waktu ke waktu, akan menjadi kenangan terindah Anda dan Si Kecil. Saat ia besar nanti, tentu ia akan ingat perjuangan Sang Ibu saat mengandung dan melahirkan. (Gita/DMO/Dok. M&B)