Type Keyword(s) to Search
ARCHIVE

Album Semesta untuk Anak Indonesia

Album Semesta untuk Anak Indonesia
istimewa

Musik adalah bahasa universal, yang bisa dimengerti dan dinikmati semua orang, dari muda sampai tua. Alunan musik yang indah juga membangkitkan mood dan emosi. Pianis Levi Gunardi memakai piano untuk "berbicara" dengan semua orang, termasuk anak-anak. Untuk membuat bahasa yang akrab dan hangat, Levi menciptakan komposisi piano empat tangan, yaitu permainan piano yang dimainkan oleh 2 orang, harapannya dimainkan anak bersama orangtua atau gurunya. Komposisi piano itu kemudian dirangkum dalam album Semesta dan dimainkan oleh guru-guru dan 48 murid sekolah musik Life On Piano Music Center, sekolah musik yang didirikan oleh Levi Gunardi pada tahun 2013. Setelah 7 bulan persiapan, murid-murid Life on Piano yang berusia 4-18 tahun, berhasil merekam album tersebut dalam waktu hanya 3 hari.

 

“Permainan piano untuk 4 tangan (four hands) adalah tantangan tersendiri, baik bagi pemain maupun bagi yang mencipta” ungkap Levi Gunardi. “Album Semesta adalah salah satu cara saya memberikan sumbangan untuk kemajuan musik klasik piano, terutama untuk anak-anak Indonesia, yang selama ini bermain musik klasik dengan referensi karya musisi dari luar negeri,” lanjutnya.

 

Di perkenalan album tersebut, guru-guru dan murid menggelar konser pada tanggal 4 Juni 2016 di Gallery Ciputra Artpreneur , Jakarta. “Sungguh bukan hal yang mudah bermain piano four-hands bagi pianis profesional sekali pun. Saya bangga, anak-anak yang bahkan kakinya belum cukup panjang untuk menginjak pedal piano berhasil menampilkan yang terbaik malam ini," kata Levi Gunardi. 

 

Album Semesta akan dirilis dalam bentuk CD dan DVD yang berisi video klip 24 lagu, dan juga akan dirilis buku partitur yang akan membantu siswa dalam mempelajari karya piano untuk empat tangan ini. Selain itu lagu-lagu dalam album Semesta sudah bisa didapatkan dengan mengunduh di iTunes mulai tanggal 8 Juni 2016.

Komposisi piano itu kemudian dirangkum dalam album Semesta dan dimainkan oleh guru-guru dan 48 murid sekolah musik Life On Piano Music Center, sekolah musik yang didirikan oleh Levi Gunardi pada tahun 2013. Setelah 7 bulan persiapan, murid-murid Life on Piano yang berusia 4-18 tahun, berhasil merekam album tersebut dalam waktu hanya 3 hari.