Type Keyword(s) to Search
BABY

ASI Terbukti Mampu Tingkatkan IQ Si Kecil

ASI Terbukti Mampu Tingkatkan IQ Si Kecil

Banyak manfaat yang didapatkan ketika Anda memberikan ASI kepada Si Kecil, termasuk meningkatkan IQ. Menurut studi yang mengamati 180 anak dari mereka lahir hingga usia 7 tahun, anak yang diberi ASI dalam 28 hari pertama kehidupannya, memiliki IQ dan prestasi akademik yang lebih baik. Fungsi motorik dan memori mereka juga berkembang lebih optimal.

 

“Data kami merekomendasikan untuk memberikan ASI bagi bayi prematur, bahkan sejak ia berada di Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Hal ini tidak hanya melibatkan ibu dan bayinya, tetapi juga rumah sakit, teman, dan anggota keluarga lainnya. Mereka harus memberikan dukungan kepada ibu, agar tidak stres dan dapat menghasilkan ASI,” ujar Mandy Brown Belfort, peneliti dari Brigham and Women's Hospital, Amerika Serikat, seperti dikutip melalui indiatimes.com.

 

ASI yang diberikan sejak lahir memiliki efek positif terhadap Si Kecil, terutama untuk perkembangan kognitifnya. Hal ini diketahui setelah peneliti melakukan penghitungan volume otak menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) secara berjangka pada bayi hingga ia berusia 7 tahun. Hasilnya, anak yang mendapatkan ASI sejak lahir terbukti lebih cerdas dibandingkan dengan yang tidak. (Seva/DC/Dok. M&B UK)