Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Perlukah Konsumsi Multivitamin saat Hamil?

Perlukah Konsumsi Multivitamin saat Hamil?

 

Saat hamil, Anda pasti mengonsumsi makanan yang bernutrisi, termasuk vitamin, agar janin mendapat asupan yang cukup. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa beberapa vitamin terbukti tidak memberikan efek apa-apa terhadap Anda dan kandungan Anda.

 

Terlalu banyak vitamin A, justru dapat membahayakan kandungan lho, Moms. Penelitian yang diterbitkan dalam BMJ's Drug and Therapeutics Bulletin itu menjelaskan bahwa ibu hamil hanya membutuhkan asam folat dan vitamin D.

 

“Ibu hamil sebaiknya fokus dalam menjalani pola makan yang sehat dan mengonsumsi asam folat, yang justru jarang dikonsumsi, terutama oleh keluarga kelas menengah ke bawah,” jelas Doktor James Cave, editor jurnal tersebut. Selain asam folat, ibu hamil dan menyusui sebaiknya mengonsumsi 10 mikrogram vitamin D untuk kesehatan tulang Si Kecil, jelas James, seperti dikutip dari Daily Mail.

 

Ia mengingatkan pada para ibu hamil untuk tidak mudah termakan iklan suplemen vitamin yang mengandung 20 lebih kandungan, seperti B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E, K,  karena tidak terbukti berefek pada janin. Selain itu, multivitamin kompleks cenderung lebih mahal dibanding asam folat. “Untuk para wanita yang berencana hamil atau sedang hamil, multivitamin kompleks dan mineral tidak dibutuhkan dan merupakan pengeluaran yang tidak perlu,” ujar James. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)