Type Keyword(s) to Search
BABY

Ditemukan Bayi Zika yang Tuli

Ditemukan Bayi Zika yang Tuli

Penelitian terbaru dari Brazil menemukan fakta baru tentang efek lain virus Zika pada bayi, yaitu kehilangan pendengaran. Dari 70 bayi yang terinfeksi Zika, 4 diantaranya tidak bisa mendengar karena ada kerusakan saraf pendengaran yang terhubung dengan otak. Para peneliti pun yakin hal ini karena infeksi Zika.

 

Sebelumnya, virus Zika diketahui menyebabkan mikrosefali pada bayi, jika ibu hamil terinfeksi virus tersebut. Selain itu, para peneliti juga menemukan beberapa bayi Zika yang mengalami gangguan penglihatan, seperti dikutip dari Time.com.

 

Walaupun hampir semua bayi yang terinfeksi Zika mengalami mikrosefali, namun ada satu bayi Zika yang memiliki ukuran kepala normal. Walau begitu, para peneliti yakin kalau bayi Zika yang tidak mikrosefali tetap mungkin mengalami gangguan pendengaran. Jadi wanita hamil harus ekstra waspada, ya, terlebih karena virus Zika sudah menyerang negara tetangga kita.

 

Saat ini, di Singapura sudah ada lebih dari 250 pasien terinfeksi Zika. Untuk mencegah Zika memasuki negara kita, maka pemerintah Indonesia sudah memperketat pintu-pintu masuk dari Singapura. Baik bandara maupun pelabuhan sudah ada tim Dinas Kesehatan yang siaga, mereka akan memasang thermal scanner untuk mengukur suhu tubuh penumpang. (Nadia/TW/Dok. Time.com)