Type Keyword(s) to Search
BABY

Tahapan Perkembangan Indra Pendengaran Anak

Tahapan Perkembangan Indra Pendengaran Anak

 

Pendengaran yang baik diperlukan Si Kecil untuk membantunya berbicara. Tanpa pendengaran yang sempurna, maka kemampuan berkomunikasinya pun tidak akan sempurna. Yuk, ketahui tahapan indra pendengaran buah hati Anda, dari lahir hingga usianya 12 bulan.

 

0-3 Bulan
Si Kecil akan mudah terkejut saat mendengar suara dengan nada tinggi dan dengan volume keras. Selain itu, ia akan merespon suara Anda, ayahnya, atau orang-orang di sekelilingnya yang sering ia dengar. Suara orang yang dikenalnya itu bisa membuatnya tenang.

 

4-6 Bulan
Coba bunyikan sesuatu, ia pasti akan menolehkan kepala atau memutar badannya. Ia juga menyukai mainan yang mengeluarkan suara, misalnya kerincingan atau boneka bersuara.
 

7-10 Bulan
Bayi Anda mulai mengerti beberapa kata pertama yang sering ia dengar seperti, “mama”, “papa”, “ya”, dan “tidak”. Ia juga sudah bisa memakai bahasa tubuh yang tepat seperti menggeleng jika menolak dan mengangguk untuk mengiyakan.
 

11-12 Bulan
Bayi Anda mulai bisa menunjuk benda-benda tertentu saat Anda bertanya kepadanya. Misalnya hidung, telinga, mulut, atau anggota tubuh lainnya. Ketika Anda bertanya kepadanya mengenai sesuatu hal, ia akan menjawab dengan bahasa yang Anda tidak mengerti namun tetap menggemaskan. (SL/Meiskhe/TW/Dok. M&B UK)