Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Olahraga Tepat untuk Ibu Hamil

Olahraga Tepat untuk Ibu Hamil

Berolahraga selama hamil ternyata memberikan banyak manfaat lho, Moms. Selain Anda menjadi lebih kuat menghadapi usia kehamilan yang semakin bertambah, juga berguna pada proses persalinan nantinya. Nah, sebagai panduan olahraga yang tepat dilakukan selama hamil, simaklah penjelasannya berikut:

 

Trimester pertama
Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan kecil, bersepeda, menari tanpa harus melakukan gerakan melompat atau berjinjit. Begitu kehamilan memasuki minggu kelima, Anda bisa berenang santai. Olahraga untuk bumil sebaiknya dilakukan ketika perut kenyang. Jadi konsumsilah makanan kecil 30 menit sebelum berolahraga dan minum cukup air.

 

Trimester kedua
Olahraga yang bisa dilakukan untuk trimester kedua adalah latihan mengangkat beban, yang dilakukan sambil duduk. Selain itu yoga, berenang, dan jogging sudah bisa Anda lakukan selama 30 menit sehari. Hindari sauna, karena bisa membuat suhu tubuh meningkat dan berpotensi meningkatkan risiko kontraksi dini.

 

Trimester ketiga
Berenang merupakan salah satu olahraga favorit pada trimester ketiga. Selain berenang, olahraga yang cocok untuk trimester akhir adalah yoga, belly dance, dan pilates dengan gerakan yang memusatkan pada latihan otot panggul, kaki, dan pernafasan. Namun sebelum Anda mencoba olahraga per trimester ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan Anda ya, Moms. (Meiskhe/TW/Dok. M&B UK)