Type Keyword(s) to Search
BABY

Alasan Anda Lebih Suka Menggendong Anak di Kiri

Alasan Anda Lebih Suka Menggendong Anak di Kiri

Moms, pernahkah Anda menyadari bahwa Anda, dan ibu-ibu lain, cenderung menggendong anak di sebelah kiri? Ternyata manusia memang 'didesain' untuk menggendong di sebelah kiri. Fenomena ini dinamakan left cradling bias (bias gendongan kiri) dan rupanya bukan hanya manusia yang melakukan hal itu. Beberapa hewan mamalia seperti kuda, domba, dan kangguru juga cenderung melindungi anaknya di sebelah kiri.

 

Para ahli sudah mencari alasan dari left cradling bias ini selama bertahun-tahun. Baru-baru ini, peneliti dari Saint Petersburg State University, Rusia, berhasil menemukan alasan dan keuntungan dari fenomena ini.

 

Menurut riset tersebut, ibu yang menggendong sebelah kiri lebih optimal dalam merespons dan mengamati tingkah laku bayi, seperti tertawa, menangis, atau menguap, karena respon tersebut diterima oleh bagian kanan otak ibu.

 

Otak manusia terbagi menjadi bagian kanan dan kiri. Bagian kiri adalah otak yang memproses bahasa, apa yang kita dengar, apa yang akan kita katakan, dan yang kita hitung. Sementara itu, otak kanan memproses raut muka, musik, dan hal lain yang berhubungan dengan emosi. Dengan kata lain, ibu lebih mudah memahami dan merespons Si Kecil ketika menggendongnya di sebelah kiri. Tidak hanya itu, penemuan ini juga menunjukkan bahwa hal ini membantu bonding antara ibu dan anak lho, Moms. (Nadia/TW/Dok. M&B)