Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Hair Tonic Berbahaya Untuk Janin

Hair Tonic Berbahaya Untuk Janin

Rambut rontok setelah melahirkan memang membuat banyak perempuan gelisah. Itu sebabnya, berbagai upaya dilakukan untuk mencegah kerontokan itu, salah satunya adalah menggunakan hair tonic, ramuan yang dapat memperkuat akar rambut serta mempercepat pertumbuhannya. Namun, amankah penggunaan hair tonic saat hamil?

 

Menurut dr. Anggia Melanie Lubis, Sp.OG, penggunaan hair tonic saat hamil tidak disarankan karena unsur kimianya dikhawatirkan mengganggu pertumbuhan janin. “Kalaupun tetap mau menggunakannya, sebaiknya dilakukan setelah usia kandungan 12 minggu. Saat itu, organ-organ tubuh janin sudah terbentuk,” kata dr. Anggia.

 

Namun yang perlu Anda ketahui adalah kerontokan rambut setelah melahirkan merupakan hal yang wajar karena adanya perubahan hormon. Anda tak perlu khawatir sebab saat hormon kembali normal, kerontokan itu akan berhenti dan rambut Anda pun akan tumbuh kembali. Namun bila kerontokan tidak kunjung berhenti dalam waktu yang cukup lama setelah melahirkan, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter terpercaya. (Gita/SR/Dok.M&B)