Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Inilah 3 Tanda Persalinan Sudah Dekat!

Inilah 3 Tanda Persalinan Sudah Dekat!

Untuk semua moms to be, ada baiknya menyiapkan segala sesuatu untuk menghadapi persalinan yang akan datang di kemudian hari, misalnya berkonsultasi dengan dokter dan menyiapkan mental. Selain itu Anda juga perlu mengetahui tanda-tanda yang akan dialami sebelum waktunya persalinan.

Nah berikut adalah 3 tanda jika Anda sudah sangat dekat dengan persalinan. Apa saja? Yuk, disimak Moms!

 

1. Kontraksi

Jika persalinan sudah dekat kontraksi akan lebih berirama, terasa sakit dan muncul dalam frekuensi yang teratur. Kontraksi ini tidak bisa dikendalikandan tidak akan berhenti sampai bayi lahir. Pada awalnya kontraksi akan berlangsung selama 30-60 detik dengan interval 5-20 menit. Saat mengalaminya, Anda mungkin merasakan kram seperti saat menstruasi atau sakit punggung ringan.

 

2. Pembukaan dan penipisan leher rahim

Pada beberapa minggu terakhir kehamilan, hormon kehamilan mungkin melemahkan leher rahim Anda. Namun kontraksi intensif pada persalinan tahap pertama dibutuhkan untuk membuka dan menipiskannya. Pembukaan diukur dari 0-10 cm. Pembukaan ini dibagi atas 2 yaitu fase laten, leher rahim membuka sampai 4 cm dan fase aktif sampai 8 cm.

 

3. Pecah Ketuban

Pada akhir tahap pertama ketuban akan pecah dan biasanya tanpa rasa sakit. Cairan akan bocor atau menyembur keluar, alirannya bergantung pada ukuran dan lokasi pecahnya ketuban.
 

Kalau sudah mengalami di atas, artinya Anda akan segera bersalin. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)